Tanya Dokter

Di kolom Tanya Dokter. Pembaca sekalian dapat bertanya juga seputar masalah kesehatan selain atau diluar topik-topik artikel yang telah kami posting dan bahas di website kami. Kami akan berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada semaksimal mungkin

Adapun pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab dimohon sabar menunggu, kami akan mencarikan jawabannya dengan study ulang literature atau berdiskusi dengan rekan-rakan sejawat kami.


Terimakasih atas kunjungannya.

58 comments:

  1. Selamat siang dokter, mau tanya ya. kami mempunyai bayi laki2, kami perhatiin kalau pipis agak kesakitan, kadang rewel. Setelah kami amati ternyata tititnya agak rekat. Apakah ini penyebabnya ya dok, & gimana solusinya ? terima kasih

    Abinya Abdurrahman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang,
      Karena saya tidak melihat kondisi anak Bapak secara langsung, maka dari apa yang Bapak sampaikan, saya menduga terjadi fimosis pada anak Bapak, yaitu kulit penis (prepusium) tidak bs ditarik. Sekitar 10% fimosis terjadi pada bayi baru lahir sp usia 3 tahun, dan itu fisiologis (normal), sedangkan yang patologis biasanya terjadi pada usia pubertas (dewasa) atau pada kondisi kulit penis tdk bs ditarik, padahal sebelumnya bisa.
      Jika fimosisnya fisiologis, maka disarankan sering membersihkan penis saat atau setelah memandikan anak. Tetapi tidak boleh menarik paksa kulit penis krn dapat menyebabkan parafimosis, yaitu tertariknya kulit penis dan tidak bs kembali ke tempatnya semula. Parafimosis merupakan kegawatan medis, sehingga harus segera ditata laksana dengan baik oleh dokter.
      Derajat fimosis tiap anak berbeda. Namun jika sudah menimbulkan gejala seperti nyeri saat kencing (seperti yg dialami anak Bapak), infeksi saluran kencing berulang, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan demi tumbuh kembangnya.
      Salah satu solusinya adalah dengan sirkumsisi (khitan). Mengenai ini, bs dikonsultasikan dengan dokter yang memeriksa anak Bapak.
      Salam,
      dr. Desie Dwi W.

      Delete
  2. assalamu'alaikum dok, saat ini saya tengah hamil anak pertama, usia kandungan saya memasuki bulan ke-8, yang ingin saya tanyakan adalah perut saya sering terasa penuh/sesak seperti mau meletus trs dada saya jg kdg kala terasa panas. apakah usia kandungan saya aman untuk mengendarai motor sendiri karena sampai saat ini saya msih aktif pakai motor saat bekerja. (selama memakai motor saya tidak pernah mengalami keluarnya flek atau bercak darah).
    saya mohon penjelasannya, dan terima kasih ats penjelasannya. wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam wa rohmatulloh,

      Sesak nafas atau ada juga yang bilang “engap” atau “begah” saat usia kehamilan 8 bulan wajar terjadi. Hal tersebut disebabkan kondisi rahim yang semakin membesar dengan berat badan bayi yang terus bertambah besar, ditambah lagi janin belum turun ke pintu atas panggul dan akibatnya menekan dinding dada atau diafragma ibu hamil. Sehingga rongga paru akan berkurang dan timbul sesak. Tapi memang ada sebagian ibu hamil tidak merasakan hal tersebut.
      Saya sarankan ibu untuk relaks, jangan panik, biasakan melakukan segala sesuatu dengan tenang, tidak tergesa-gesa termasuk membiasakan jalan dengan santai, tubuh tegak dan bahu tidak tegang. Ibu juga bisa sekali-kali melakukan senam hamil yang membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Sebaiknya ibu selalu duduk dengan tegak agar ruang paru-paru tidak tertekan dan mempunyai ruang lebih untuk bernafas. Saat tidur lakukan dengan posisi miring dan jangan posisi telentang atau ibu tidur dengan posisi setengah duduk dan gunakan satu atau dua bantal sebagai pengganjal kepala dan bahu. Jika sesak dirasakan saat berdiri atau berjalan, ibu istirahat, bungkukkan badan dan sandarkan badan pada kursi atau bantal. Saat ini, ibu juga bs mulai berlatih pernafasan dalam dengan cara bernafas dimana panjang nafas yang dihirup sama dengan panjang nafas yang dihembuskan. Hal ini untuk menjaga pasokan oksigen ke janin makin besar. Seimbangnya kadar oksigen yang masuk dan keluar dari tubuh, membuat energi tubuh ibu seimbang. Hal ini juga bermanfaat saat menjelang persalinan yaitu mengatasi “serangan” kontraksi pada proses persalinan. Caranya yaitu dengan menarik nafas dalam melalui hidung, tahan sebentar, lalu hembuskan perlahan-lahan melalui mulut.
      Mengenai naik motor pada usia kehamilan ibu ini, aman insya Allah. Akan tetapi sekali lg kondisi tiap ibu hamil itu berbeda-beda, sehingga ibulah yg paling mengetahui keadaan dan kemampuan ibu. Ada yg sampai menjelang melahirkan masih kuat jk naik motor, tetapi ada yg tidak nyaman kl harus mengejndarainnya sendiri. Sehingga monggo diputuskan sesuai dengan kemampuan ibu.

      Salam,
      dr. Desie Dwi W.

      Delete
  3. assalamu'alaikum wr. wb.
    Saya mempunyai adik yang berumur 2 tahun, dia sangat susah makan dok, saya sudah sering memberinya nafsu makan tapi tidak ada hasilnya, bagaimana caranya agar adik saya nafsu makan.?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam wa rohmatullohi wa barokatuh,
      Anak susah makan memang menjadi salah satu masalah yang sering dikeluhkan orangtua. Adik Anda sekarang berumur 2 tahun, apakah adik Anda masih minum ASI atau susu formula? Jika iya, maka saya sarankan pemberiannya harus dijadwal sehingga tidak berdekatan dengan jadwal makannya. Karena kalau dia sudah merasa kenyang dengan susu yang diminumnya, maka dia akan menolak untuk makan. Selain itu, coba baca dan terapkan tips mengatasi balita yang susah makan pada artikel saya di http://www.doktermuslimah.com/2013/03/tips-mengatasi-anak-susah-makan.html. Jk adik Anda tetap susah makan, maka harus dicari penyebabnya. Jika penyebabnya patologis misalnya karena adanya infeksi kronik, maka diberi suplemen penambah nafsu makan sebagus apapun juga tidak akan menyelesaikan masalah jika penyebab yang mendasarinya tidak diobati. Anak yang tidak mau makan diduga mengalami infeksi kronis jika ada gejala sering demam atau anak terlihat lemah, tidak aktif, dll. Penyebab patologis ini harus disingkirkan terlebih dahulu, caranya dengan memeriksakan anak pada dokter agar diketahui penyebabnya dan segera mendapat penanganan/ tatalaksana yang tepat.

      Salam,
      dr. Desie Dwi W.

      Delete
  4. Assalamu'alaikum wrwb.......mat siang dok mau tanya,saya sedang hamil mendekati minggu ke 12,tetapi perut saya sering merasakan nyeri di sekitar perut bagian bawah kanan,kiri terkadang seperti berputar keseluruh bagian perut,apakah penyebabnya dan bagaimana solusi baiknya.wassalam wrwb terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam wa rohmatullohi wa barokatuh,
      Sebenarnya ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan seperti sudah berapa lama keluhan ini dirasakan, apakah sebelum hamil pernah merasakan keluhan yg seperti ini atau tidak, nyeri hilang timbul atau terus menerus, diikuti keluhan lainnya atau tdk seperti demam,jika dibuat berjalan apakah terasa sakit, dll... Sebaiknya ibu periksa ke dokter, selain memeriksakan kandungan juga bs dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter terkait keluhan yang ibu rasakan, sehingga dapat diketahui penyebabnya dan mendapat terapi yang tepat. Sementara ini, Ibu makan dengan gizi seimbang, dan cukup istirahat.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  5. Assalamu'alaikum WrWb. Bu Dokter saya Mempunyai seorang putri berusia 1 bulan.. putri saya keinginan untuk menyusunya sangat tinggi hampir tiap Jam dan sesudah menyusu Asi Terkandang di selingi Oleh susu Formula dia suka muntah2, dan bahkan keluar dari hidung.dan hampir tidak bernafas untung istri saya sigap Membalikkan tubuh bayinya..Kami jadi takut kalo dia sedang tidur malam..takut kami lelap tidur dia Muntah seperti itu lagi...yg mau saya tanya
    1.Apakah itu Normal..karna menurut mertua saya itu normal.
    2.adakah cara untuk supaya muntah2 seperti itu berhenti,karna sering banget..
    3.Frekuensi buang angin putri saya sering dan sangat besar bunyi.dan buang air kecilnya pun sering...
    4.kami sudah konsultasi ke bidan tapi jawabanya selalu sama...kami khwatir dengan kesehatan putri kami,,,

    saya ucapkan banyak terima kasih atas jawabannya

    Trims
    Yoppy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam wa rohmatullohi wa barokatuh,
      Kenapa harus diselingi susu formula Pak? Kenapa tidak diberikan ASI eksklusif saja? Untuk anak Bapak sekarang, makanan terbaiknya adalah ASI saja hingga usia 6 bulan.
      Anak umur 1 bulan menyusu minimal 8 kali dalam sehari dan tiap kali minum selama 20-30 menit. Pemberian ASI pada bayi sebenarnya ad libitum atau sesuai permintaan bayi. Nah pada putri Bapak ini Alhamdulillah keinginan menyusunya tinggi, apakah lama menyusunya sudah cukup? Jika sudah cukup sekitar 20-30 menit setiap kali menyusu, mk seharusnya minum tiap 2 jam sekali kebutuhannya bs terpenuhi. Mungkin maksud Bapak muntah di sini adalah gumoh? Saran saya, setelah selesai menyusui, anak disendawakan dengan cara ditegakkan diletakkan di punggung sambil ditepuk-tepuk pelan punggungnya. Sy coba jawab satu persatu pertanyaan Bapak:
      1. Ya pada umur bayi 1 bulan masih normal, insya Allah dengan makin besar (bertambah usia), organ-organnya makin sempurna fungsinya, maka gumoh tadi makin berkurang dan hilang, termasuk kebiasaan minum tiap jam akan semakin teratur dan jaraknya makin jauh, misal dua jam sekali atau 3 jam sekali.
      2. Ya caranya dengan menyendawakan bayi (seperti yang sudah saya sampaikan di atas) dan memberikan ASI eksklusif.`
      3. Buang angin sering, apakah anak juga kembung? Pada anak yang minum susu formula dengan dot atau disusui dengan perlekatan tidak pas, bisa menimbulkan kembung dan akhirnya jg bs disertai frekuensi kentut yg meningkat. Kl buang air kecil (BAK) sering, krn minumnya jg banyak dan sering, maka BAK nya pun jg sering. Salah satu parameter bayi cukup mendapat ASI adalah BAK minimal 6x sehari. Akan tetapi kl bayi diberi juga susu formula, mk harus diingat bahwa susu formula menyebabkan anak lebih sering kencing dibanding anak yang hanya diberikan ASI karena kandungan pada susu formulanya.
      4. Terakhir, setiap orangtua pasti akan khawatir atas kondisi anaknya yang "dianggap tidak biasa", apalagi jk itu msh anak pertama, blm ada pengalaman jg, dan alasan2 yang lainnya. Tp mudah-mudahan dgn jawaban td, kekhawatiran Bapak berkurang. Semoga putri Bapak sehat.
      Saya tunggu perkembangan selanjutnya ya Pak, jk msh khawatir, Bapak bs berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
    2. Assalammualaikum dok...anak saya umur 1 bln dan kasusnya sm spt anak bpk yoppi...wlwpun sdh disendawakan ttp saja gumoh/muntah ditambah sering nya ngulet/mengerang smbl meregangkan bdn smpi mukanya merah...frekuensi BAB nya hanya 2x sehr,apkh normal dok dngn sering nya anak saya minum asi?

      Delete
    3. Wa'alaykumussalam,
      Anak Bapak minum ASI saja kan? Gumohnya bisa karena sudah terlalu kenyang, kuantitas ASI banyak (melimpah) dengan kapasitas lambung yang masih kecil, serta fungsi organ yang berproses menjadi sempurna. Seharusnya keluhan ini semakin berkurang dengan semakin bertambahanya usia. Jk malah sebaliknya semakin sering gumohnya, sebaiknya diperiksakan ke Dokter. Ngulet sampai muka merah juga normal, beberapa bayi memang kerap melakukannya.
      Tanda kecukupan ASI bukan dari BAB nya, tapi dilihat dari frekuensi BAK (Buang Air Kecil)sehari semalam min. 6x, diikuti dengan pertambahan berat badan bayi, sehingga harus rutin ditimbang.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
    4. Tentang BAB 2x sehari masih normal (kecuali disertai keluhan mengedan saat BAB dan atau feses keras) karena begitulah hebatnya ASI (Masya Allah...), mudah dicerna, hampir seluruhnya diserap karena memang sesuai kebutuhan bayi. Oleh karenanya, yg terpenting jg adalah kualitas ASI, yaitu makanan ibu menyusui, harus sehat, bergizi, cukup serat dari buah-buahan dan sayur, banyak minum air putih, dan makanan yg halalan thoiyyiban tentunya.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  6. Assalammu'alaikum Wr. Wb

    saya bertanya Dok, istri saya hamil 4 minggu kira-kira :
    1. Apakah perlu minum susu formula..?kalau perlu minum susu formula kira-kira merk susu formula yang bagus apa Dok..?
    2. Apakah perlu tambahan suplemen.,?kalau perlu kira-kira suplemen yang bagus apa Dok..?

    Terima kasih Dok.

    Salam Opik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam wa rohmatullohi wa barokatuh,
      Selama asupan makanannya baik, kalori cukup, dengan gizi seimbang, maka tidak perlu susu formula. Pada kehamilan 4 minggu hingga 12 minggu (trimester pertama), sebaiknya perlu suplemen asam folat 400 mcg. Asam folat penting untuk pembentukan tabung saraf janin. Baru nanti pada trimester kedua dan ketiga bs dipertimbangkan pemberian suplemen besi untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil.
      Semoga ibu dan janin sehat.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
    2. Terima kasih Dok atas jawaban.

      Ada 1 lagi Dok,,,istri saya selalu mual dan muntah,,,apakah perlu obat untuk menghilangkan rasa mual dan muntah tersebut...?kalau memang perlu kira-kira obat apa yang bagus utk menghilangkan rasa mual dan muntah tsb tanpa membahayakan ibu dan janin nya...

      Terima kasih atas perhatian Dokter.

      Salam

      Opik

      Delete
    3. Mual dan muntah tidak jarang dihadapi oleh ibu hamil terutama pada kehamilan trimester awal dan akan berkurang dan menghilang pada trimester berikutnya. Sangat jarang keluhan ini berlanjut hingga trimester kedua apalagi sampai trimester ketiga. Gejala ini biasanya timbul di pagi hari dengan frekuensi yang akan menurun setiap harinya sering dengan bertambahnya usia kehamilan. Sebelum menggunakan obat, sebaiknya lakukan tips berikut ini:
      1. Makan pada saat lapar, terlepas dari waktu makan normal.
      2. Pada prinsipnya gangguan perut dapat diatasi dengan tidak membiarkannya kosong. Jadi makanlah dalam porsi kecil tapi sering/ sedikit tapi sering.
      3. Hindari makanan berlemak dan pedas serta makanan emetogenik atau merangsang muntah.
      4. Meningkatkan asupan makanan hambar atau kering.
      5. Makanan ringan dgn protein tinggi sangat membantu.
      6. Sajikan makanan dan minuman dalam keadaan hangat karena bisa membuat lambung yang terasa perih seperti terelaksasi.
      7. Setiap bangun pagi jangan lupa sarapan. Bila nafsu makan belum ada, nikmati saja biskuit dengan teh hangat misalnya.
      8. Makanlah makanan berkarbohidrat tinggi. Mual-muntah mengakibatkan cadangan karbohidrat dan lemak dipakai oleh tubuh untuk mengganti energi yang hilang.
      9. Kemudian jangan lupa beri support istri secara psikologis.
      Jika setiap kali makan dan minum selalu muntah, maka sebaiknya periksa ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat. Untuk obat bisa diberikan vitamin B-6. Obat-obatan yg lainnya, sebaiknya dengan resep dokter.


      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  7. assalamualaikum dok,saya mau nanya anak saya kemren muntah n diare dah diberi obat tinggal diarenya aj fesesnya encer.Tapi ga mau makan sama sekali dok,minum oralit jg ga mau.Perutnya kembung,gimana ini dok.Saya minta bantuannya
    ,terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam,
      Anak Bapak umur berapa? Sdh berapa lama muntah dan diarenya? Obat yg diberikan apa? Obat dari Dokter atau diobati sendiri? Setelah minum obat, selain sudah tidak muntah, apakah ada perbaikan dari diarenya seperti berkurangnya frekuensi buang air besarnya (BAB), konsistensi fesesnya makin padat, berkurangnya jumlah/ kuantitas feses setiap BAB, dll. Jika ada perbaikan berarti mulai ada proses penyembuhan insya Allah.
      Kembung karena masih diare disertai anak tidak mau makan. Coba diberikan air putih, susu, teh manis, biskuit ataupun makanan dan minuman yang menjadi kesukaannya, meskipun sedikit tp sering. Intinya harus ada asupan makanan ataupun minuman. Untuk oralit bisa diberikan sedikit-sedikit dengan cara disendokin. Jika tetap tidak mau makan ataupun minum disertai mencret terus menerus, atau mencret sudah berlangsung 3 hari atau lebih, sebaiknya periksa langsung ke dokter agar bs segera mendapat terapi yang tepat sesuai dengan kondisi anak Bapak.
      Mengenai diare, bs baca artikel sy juga di http://www.doktermuslimah.com/2013/05/pencegahan-dan-tatalaksana-diare-pada-anak.html

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  8. Assalamualaikum Dokter,
    saya Eky (26 tahun) dan sekarang sedang hamil 7 bulan (30 week) anak pertama.
    Saya didiagnosa memiliki rahim ganda. dan kebetulan seminggu yang lalu ketika usg posisi janin masih sungsang.
    Yang ingin saya tanyakan;
    1. apakah memungkinkan wanita yang memiliki rahim ganda melahirkan secara normal, dengan posisi janin sungsang?
    2. saat ini keluhan yang timbul adalah pusing dan migrain - terkadang juga terasa sangat tegang pada leher belakang. sementara ketika saya cek tekanan darah saya normal. apakah ini wajar dok? saya khawatir terkena pre-eklamsia.
    3.kapan sebaiknya saya melakukan usg lagi? mengingat dokter obgin tersebut menyarankan saya untuk melakukan gerakan sujud lebih lama (15menit tiap harinya). Apakah masih memungkinkan si janin berubah posisi untuk usia kandungan seperti saya?
    itu saja dokter, terimakasih sebelumnya atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam,
      1. Wanita dengan satu rahim dapat melahirkan bayi secara normal dengan posisi janin sungsang, dengan terpenuhinya beberapa syarat seperti posisi sungsangnya, berat janin, dll. Nah, kalau wanita dengan rahim ganda, berarti ukuran masing-masing rahim adalah setengah dari ukuran 1 rahim. Sehingga menurut saya lebih susah lg untuk melahirkan secara normal dengan posisi janin sungsang. Agar lebih yakin, silahkan ditanyakan lg kepada DSOG yg memeriksa.
      2. Ibu rileks sj, positive thinking, semoga keluhannya berkurang. Pre-eklamsi ditandai dengan hipertensi dan protein pada urin (proteinuria). Jd, kl tekanan darah normal, tdk terjadi pre-eklamsi saat ini. Lagipula ibu sepertinya rajin periksa, jd bisa terus dipantau keadaan kesehatan ibu dan janin.
      3. Pada umur kehamilan 28-36 minggu disarankan ANC (Ante natal care) setiap 2 minggu sekali, tetapi WHO sendiri menyarankan minimal 4 kali selama masa kehamilan. Jadi ibu bisa datang 2 minggu lagi atau 1 bulan lg, kecuali ada keluhan. Kalau pada wanita dengan satu rahim, amat sangat mungkin untuk berubah posisi pada umur kehamilan 30 minggu. Nah kalau pada kondisi ibu, dengan DSOG menyarankan untuk memperlama sujud, berarti tetap ada kemungkinan untuk berubah posisi dan kemungkinan untuk bisa dilahirkan secara normal per vaginam, insya Allah.
      Terus berdoa ya Bu semoga diberi kemudahan dan kelancaran saat persalinan nanti, ibu dan janin sehat.

      Salam,
      dr. Desie Dwi W.

      Delete
  9. dokter saya mau tanya,, hpht saya tanggal 4juni 2013. dan hari ini tanggal 7juli 2013 saya belum dapat menstruasi.. padahal haid saya selalu teratur... apakah saya hamil dok???? saya sering mual, pingin malas-malasan tidur d kamar, susah BAB , terus badan saya terasa hangat dok apalagi dibagian perut.

    makasih dok

    ReplyDelete
  10. assalamualaikum dok,,

    saya mau tanya apakah saya hamil atau tidak,,, HPHT saya tggal 30juni2013. dan sampai hari in tggl 7juli2013 saya belum juga mendapatkan menstruasi...
    hati saya mengatakan bhwa saya hamil dok,,, saya sering kelelahan pengen malas-malasan aja seharian dikamar, gak nafsu makan, payudara membengkak sakit dan putingnya menonjol dan sakit dok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam, coba test pack saja, dilakukan pada pagi hari setelah bangun tidur. Hasil positif jika ada dua garis merah atau terlihat tulisan (+), tergantung jenis test pack nya.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  11. Assalamualaikum dok, saya mau tanya kalo sering keram perut bawah dan kalo di bawa tidur sakit kramnya menjalar sampai pinggang itu knp yah? Gejala itu saya rasain biasanya seminggu setelah haid atau bbrapa hr menjelang haid tp sakitnya tiba2 dan sebentar2 saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam, sudah sejak kapan keluhan ini terjadi? Salah satu kemungkinannya bisa disebabkan oleh faktor hormonal. Agar lebih yakin dan jelas, jika keluhan ini sudah berulang kali terjadi dan terasa mengganggu, sebaiknya periksa langsung ke dokter atau DSOG.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  12. salam doktor..sy lyna ingin bertnya..
    saya sudah 1 bulan 2 minggu tiada haid..dah 2 kali sy check pregant ataupun tidak tetapi result negatif..adakah ini akibat harmon sy..????adakah sy hamil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl sdh telat 1 bulan 2 minggu jika kemungkinannya hamil, seharusnya sdh bs memberikan hasil positif pada test pack. Salah satu penyebab tidak haid bisa juga krn ketidaseimbangan hormonal, yang jg bs disebabkan oleh banyak faktor. Jd saran saya, cb periksa ke DSOG saja agar lbh jelas.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  13. Assalamualaikum dok..
    Saya mau tanya.. saya punya anak pertama,laki-laki umrunya sudah 26 bln tapi kok belum bisa jalan sama bicara dok? gigi sudah tumbuh tapi gak mau ngunyah? Di umur 1th saya periksa ke dokter syaraf kt nya ada gumpalan cairan diotak
    dia menyarankan untuk operasi.. tp saya gak berani,ktnya kemungkinanya 50%..Terus saya jln ke alternatif pijat syaraf
    tp sampai skrg belum ada hasil..
    Dok untuk saat ini langkah terbaik yg harus saya lakukan apa ya dok? mohon saran dan masukanya dok..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam, maaaaf...baru bs reply sekarang. Berarti terjadi keterlambatan perkembangan pada anak Bapak. Sebaiknya, Bapak mencari second opinion dari dokter lain, bisa dokter spesialis syaraf subdivisi neurologi anak, atau dokter spesialis anak subdivisi neurologi atau dokter anak subdivisi tumbuh kembang. Jika tidak ada, maka bisa juga dikonsultasikan ke Dokter spesialis anak. Kemudian segera buat keputusan, jangan ke alternatif untuk masalah seperti ini, apalagi ini menyangkut tumbuh kembang anak.
      Semoga putranya sehat,

      Salam
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  14. Assalamu'alaikum dok, anak sy usia 4,5 bln seringkali terdengar bunyi nafasnya grok grok ky ada dahak di saluran perjafasannya gitu. Padahal dia ga lg kena flu. Sy hawatir dia asma dok. Soalnya saya sendiri punya alergi asma. Tapi anak saya ini tetap aktif dan selalu ceria. Gak pernah rewel anaknya. Mau diperiksakan ke dsa tp mau memastikan dulu, apakah gejala ini normal (krn udara dingin misalnya) ataukah ada kekhawatiran gejala asma. Rumah sy diatas bukit soalnya dok, udaranya dingin. Ditambah lg kekhawatiran krn kami sering mengendarai motor.
    Oya dok, biasanya penanganan untuk asma pd bayi sendiri kayak gimana ya? Seberapa besar tingkat bahayanya? Trus itu bisa sembuh gak ya dok? Saya orangnya panikan, apalagi yg menyangkut bayi sy. Mohon bimbingannya dok :)



    Salam,
    Ana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam,
      Mbak Ana bisa baca artikel ini http://www.doktermuslimah.com/2013/04/tak-perlu-panik-jika-anak-terkena-asma.html
      Semoga pertanyaannya terjawab setelah membaca artikel saya tersebut, jika ada yang masih ingin ditanyakan, monggo...silahkan... saya akan jawab semampu saya dan semoga bisa segera sy reply...

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  15. Sore dok, sya lia ingin bertanya,. Sya tlat haid 8 hari,saat telat haid 6 hari sya lkukan tes pack, hasilnya garis 2 tapi smar,. Tadi malam sya usg tp kata dokternya blum terlihat adnya kantong hamil hnya ad bercak darah,kmudian sya dberi obat sma dkter,. Tp siang ini kq kluar flek sdkit dok,. Prut sya jg msih sring kram,. Apkh mngkin saya bisa hamil dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo Lia.. saat ini tentunya sudah tahu hasilnya ya, hamil atau tidak.
      Yang jelas, hasil tes pack dua garis berarti positif, kemungkinan hamil, kemudian dipastikan dengan pemeriksaan lainnya. Tidak harus saat itu juga memastikannya, karena bisa saja seperti pengalaman Mbak Lia, belum terlihat kantong kehamilannya. Sebaiknya sih nunggu beberapa minggu sampai bisa terdeteksi denyut jantung dan perkembangan embrionya. Sambil nunggu...makan minum dijaga, istirahat, dll...suplemen monggo, asam folat penting!

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  16. Assalamu'alaikum bu dokter,

    Saya mau tanya, bayi saya umur 8 bulan, full ASI sejak lahir, mulai sy kasih makan 2x sehari sejak umur 5,5bulan. Makannya gampang dan tidak pernah ada gangguan BAB. Oh ya, makanannya sy buatkan sendiri dan diselingi buah pepaya (kadang). Tapi 5 hari lalu anak sy kena pilek, makannya jd agak susah dan sekarang malah tambah susah, ditambah dengan BAB nya keras, kalo mengejan kadang sampe menangis.
    Makanan seperti apa yg sebaiknya sy berikan utk kondisi anak sy seperti itu? Dan perlu kah saya ke dokter anak? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam, maaaafff...belum sempat balas saat itu. Semoga anak Mbak sehat,

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  17. Assalamualaikum...
    Saya punya 1 org anak laki2.Ketika saya hamil, sy mabuk(muntah2) smp usia kandungan 8 bulan. sy melahirkan normal. 1 hari sebelum anak sy lahir, ketuban sdh keluar. di usia 0-1,5 tahun sy berikan ASI dan susu formula. Di usia 2 tahun, anak sy belum bisa bicara. sy sdh konsul ke beberapa dokter. atas petunjuk dokter dan psikolog, sy masukan anak sy ke PAUD di usia 2 tahun. setelah menunggu 6 bulan, anak sy belum juga ada tanda2 mau bicara. akhirnya sy menemui dokter+psikolog anak di Balikpapan, dia memberi obat dan melarang sy memberikan beberapa makanan yg menagndung terigu, susu sapi, dsb. 2 tahun anak sy berobat ke dokter tsb, sambil terapi bicara. alhamdulilllah ad hasil, anak sy bisa bicara, membacanya jg lancar, bisa berhitung, menggambar, dll. hanya saja intonasinya cepat dan ada beberapa huruf yg belum fasih, misal S, R, C, G. Pertanyaan sy: Bagaimanakah / cara apakah yg bisa sy lakukan untuk menstimulasi anak sy supaya dapat bicara dengan fasih dan bisa menyebutkan huruf2 yg belum bisa disebutkan. Sy tunggu jawabannya, terima kasih
    Assalamualakium

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam, maaf Mbak, mungkin Mbak bisa konsultasi lebih lanjut kepada ahlinya. Semoga segera mendapat solusinya.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  18. ASSALAMUALAIKUM DOKTER... SALAM KENAL, SAYA LOVI. MAU TANYA NI DENGAN DOKTER. SAYA SUDAH BERKELUARGA SELAMA 3.5 Th. BARU SEBULAN INI SAYA OPERASI KISTA INDUNG TELUR SEBELAH KANAN. ANJURAN DOKTER SAYA 6 BLN BARU BOLEH PROGRAM HAMIL.. TAPI.... UNTUK BULAN INI SEHARUSNYA SAYA MENSTRUASI TGL 4/5 OKT 2013 DOK, NAMUN SEJAK TGL 29 SEP- 04 OKT SAYA HANYA MENGELUARKAN FLEK. APA ITU TANDA KEHAMILAN JUGA DOK?? KARENA SAYA MERASAKAN KALAU DI BAWA TIDUR(REBAHAN) PERASAAN PERUT SAYA ADA GANJELAN SEBESAR KEPALAN TANGAN, (PERASAAN SAYA). YANG SAYA TAKUTKAN, KLAU SY POSITIF HAMIL APAKAH BEKAS JAHITAN YG BARU UMUR 1 BULAN BERPENGARUH PADA PERKEMBANGAN KEHAMILAN NANTINYA SAMPAI 9 BULAN DOK... MOHON JAWABANNYA Y DOKTER. TERIMAKASIH.

    SALAM
    LOVIA

    ReplyDelete
  19. ASSALAMUALAIKUM DOKTER... SALAM KENAL, SAYA LOVI. MAU TANYA NI DENGAN DOKTER. SAYA SUDAH BERKELUARGA SELAMA 3.5 Th. BARU SEBULAN INI SAYA OPERASI KISTA INDUNG TELUR SEBELAH KANAN. ANJURAN DOKTER SAYA 6 BLN BARU BOLEH PROGRAM HAMIL.. TAPI.... UNTUK BULAN INI SEHARUSNYA SAYA MENSTRUASI TGL 4/5 OKT 2013 DOK, NAMUN SEJAK TGL 29 SEP- 04 OKT SAYA HANYA MENGELUARKAN FLEK. APA ITU TANDA KEHAMILAN JUGA DOK?? KARENA SAYA MERASAKAN KALAU DI BAWA TIDUR(REBAHAN) PERASAAN PERUT SAYA ADA GANJELAN SEBESAR KEPALAN TANGAN, (PERASAAN SAYA). YANG SAYA TAKUTKAN, KLAU SY POSITIF HAMIL APAKAH BEKAS JAHITAN YG BARU UMUR 1 BULAN BERPENGARUH PADA PERKEMBANGAN KEHAMILAN NANTINYA SAMPAI 9 BULAN DOK... MOHON JAWABANNYA Y DOKTER. TERIMAKASIH.

    SALAM
    LOVIA

    ReplyDelete
  20. Wa'alaykumussalam, tentunya saat ini Lovi sudah tahu hamil atau tidak. Kalaupun hamil, kemungkinan juga sudah berkonsultasi dengan DSOG. Maaf baru bisa reply, berkutat dengan tugas-tugas kuliah (merasakan jadi mahasiswa lg), ehmmm... semoga bisa aktif kembali di blog ini. Wish the best for you ya...

    Salam,
    dr. Desie Dwi Wisudanti

    ReplyDelete
  21. Salam Dok,
    anak sy usia 2 bulan . Bab nya kurang lancar 4 hari lebih baru bab. minum asi 90% dibantu susu formula 10 %. pakah normal dok? warna bab nya hijau gelap dan kuning apakah normal juga dok ?

    Apa KB yang paling aman bagi ibu menyusui ?
    terima kasihsebelumnya
    Salam

    ReplyDelete
  22. KB yang aman bagi ibu menyusui adalah yang tidak mengandung estrogen, jadi misalnya mau memilih KB suntik, maka dipilih KB yang tiap 3 bulan bukan yang 1 bulan.
    Asupan serat ibu menyusui jangan dilupakan, perbanyak sayur, buah dan cukup minum air putih.

    Salam,
    dr. Desie Dwi wisudanti

    ReplyDelete
  23. assalamu alaykum dok, saya sudah menikah 1 th, tapi belum ada tanda2 kehamilan. haid normal tiap bulan, siklus haid 30 hari.hubungan 2,3 kali seminggu, yang mau saya tanyakan kiat2 apa saja yang harus saya lakukan agar cepat dikaruniani momongan. terima kasih

    ReplyDelete
  24. Assalamu 'alaikum Dok,saya mawar berumur 31 thn dan usia pernikahan sudah 3 thn belum dikaruniai keturunan.pada saat masa subur saya tgl 20 & 21 April 2014 saya berhub,sebelumnya selesai haid tgl 10 April 2014 juga udh lngsng berhub.tapi pada tgl 21 april dan 23 april ini knp sudah muncul bercak merah yah???apakah itu salah satu tanda saya hamil???

    Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih,

    ReplyDelete
  25. Assalamu'alaikum Wr Wb
    Dok, saya ibu rumah tangga berusia 28thn dan suami say berusia 32 thn, sudah 4thn kami belum dikaruniai momongan. saat ini saya sedang bermasalah dengan siklus haidh, sebelumx haidh saya tidak pernah ada masalah dengan siklus 26-28hari, beberapa bulan terakhir saya selalu terlambat haidh tapi ketika di TP hasilnya negatif dan akhirnya saya haidh, apa mungkin siklus haidh saya berubah, apa penyebabnya? bulan lalu saja saya mengalami istihadloh, apa mungkin karena stress, terus terang saja saya tidak dapat memungkiri jika saya selalu merasa down ketika datang haidh, terlebih adik2 saya sekarang sudah dapat momongan, begitu pula dari keluarga suami tidak ada yang mengalami kesulitan mendapatkan momongan, saya hanya pernah melakukan USG dan hasilx tidak ada masalah, sedangkan untuk suami saya kesulitan untuk memotivasix untuk memeriksakan diri...bagaimana saran dokter untuk kami, sebelumnya mohon maaf. Jazakumullah atas jawabannya dok...
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam wa rohmatullohi wa barokatuh,
      Iya mbak, kemungkinan psikis/ stress td membuat ketidakseimbangan hormon,sehingga siklus haid memanjang. Cb rileks mbak, klise dan susah memang, berdoa terus minta sama Allah krn mungkin mbak sedang diuji, sebaik apapun usaha kita kl Allah belum berkehendak ya tetap tidak berhasil. Kalaupun tidak ada masalah di kedua pasangan, kl Allah belum berkehendak ya tetap tidak bisa. Yang bs dilakukan adalah ikhtiar lahir dan batin (doa), kemudian tawakkal. Salah satu ikhtiarnya, tidak stress, tidak terlalu capek/ lelah, melakukan hubungan seksual pd masa subur, oleh karena itu kenali masa subur mbak, kalaupun tidak teratur bs diprediksi salah satunya dengan melihat lendir serviks (ada artikelnya juga di blog ini insya Allah), melakukan hubungan seks yang tepat, dll. Ikhtiar berikutnya jika tetap tidak berhasil, bisa melakukan program kehamilan dan berkonsultasi langsung dengan DSOG.

      Jadikan sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Alah bersama orang yang sabar ^^

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  26. assalamu'alaykum wrwb
    siang dok, saya irt usia 24th.
    siklus haid saya 25 hr, sudah 2 hari telat haid, dihari ke-3 (hr ini) baru saja keluar bercak darah. apakah itu darah haid?
    4-5 hr sebelum masuk siklus haid, saya sering pipis dan payudara bengkak, sampai saat ini payudara masih bengkak.
    kalau mau testpack pasti hasilnya masih negatif, krn janin mjd embrio biasanya terjadi di pekan ke-4 kehamilan, bagaimana menurut dokter terkait kasus saya?
    jzk.

    ReplyDelete
  27. Pagi dok, sy lagi gundah krn selama menikah hampir 2thn ini sy baru positif hamil setelah 4hari telat haid. tp krn sblm telat haid sy ngeflek sy ceritakan ke bidan puskesmas n sy dpt anjuran utk USG yg dr perkiraan usia kandungan sy baru menginjak 5minggu. dr hasil USG dokter menyatakan sy keguguran dan harus di kuret. skrg udh seminggu lewat sy blm kuret PD sy masih sakit n perut kaku jg sering mual n pusing. Yg ingin sy tanyakan, mungkinkah hasil USG bs salah dok? berhubung ini ank pertama sy stelah 2thn menikah jd sy berharap janin sy selamat. krn sy tdk merasakan pendarahan ataupun sakit perut spt org2 yg keguguran. mohon pencerahannya dok.

    ReplyDelete
  28. Coba cari second opinion dari DSOG lainnya mbak, sehingga lebih memperkuat diagnosis.

    Salam,
    dr. Desie Dwi Wisudanti

    ReplyDelete
  29. selamat malam dok, saya mau tanya. kenpa ya dok terkadang jika sya nafas panjang pada saat keadaan berbaring itu terasa sakiit, seperti di uluh hati paru2 itu di ikaat. sampai terkadang saya hanya menarik nafas saja tidak sampai membuangnya kembali lewat mulut tapi lewat hidung saking gak kuatnya. kajadian itu biasanya di barengi sama badan yang kurang fit.
    mohon penjelasannya dok, sebelumnya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ass..dok saya mau tanya, kemerin saya cek kededokter saat di USG dari atas,,,janin saya iak nampak, yan nampak katanya hanya kista, tapi mash di USG lagi lewat bawah dan memang benar ada janinya, dan katanya kurang lebih sudah jalan 5 minggu! karena saya puasa tp malam saya tidak sahur dan tiba-tiba sorenya saat kencing keluar darah seperti haid, apakah itu berbahaya, dan bagaimana saran dan solusiya? maksih dok

      Delete
  30. Ass..dok saya mau tanya, kemerin saya cek kededokter saat di USG dari atas,,,janin saya iak nampak, yan nampak katanya hanya kista, tapi mash di USG lagi lewat bawah dan memang benar ada janinya, dan katanya kurang lebih sudah jalan 5 minggu! karena saya puasa tp malam saya tidak sahur dan tiba-tiba sorenya saat kencing keluar darah seperti haid, apakah itu berbahaya, dan bagaimana saran dan solusiya? maksih dok

    ReplyDelete
  31. Assalamualaikum dokter,saya mau tanya analisa saya ttg lendir,dari tgl 10 keluar lendir dan malam nya saya hubungan sm suami,tgl 11 masih keluar lendir dan siang nya tiba" nyeri luar biasa di sebelah kanan sampe dibawa jalan sakit dan sakit nya sampe malam hari ,tgl 12 masih keluar lendir dan sakit nya udah kurang ,tgl 13 masih keluar lendir dan kali ini bening kaya air putih tapi masih pekat dan asumsi saya itu masa puncak ovulasi trus saya hubungan badan sama suami.kira" menurut dokter analisa saya itu bener gak,dan apa kemungkinan hamil tinggi saat saya hubungan diawal lendir keluar dan selang 2 hari hubungan lagi,kemudian kalo misalkan terjadi kehamilan apa hubungan badan itu mempengaruhi proses awal kehamilan dokter,mohon jawaban nya

    ReplyDelete
  32. Assalamu'alaikum wr wb.
    Malam dok, saya yani mau tanya, saya sudah telat haid 12 minggu tapi sekarang keluar darah banyak seperti haid.dulu waktu telat 6 minggu di tespack hasilnya garis 2 positip, waktu telat 9 minggu saya tespack lagi hasilnya negatif. Sudah konsul ke bidan malah bidannya bingung juga. Skrng perut saya terasa sakit pinggang terasa pegal dan masih keluar darah banyak sekali. Apakah itu halangan biasa atau kehamilan .? Mohon saran dan solusinya dok.makasih dok

    ReplyDelete
  33. Assalamu'alaikum wr wb.
    Malam dok, saya yani mau tanya, saya sudah telat haid 12 minggu tapi sekarang keluar darah banyak seperti haid.dulu waktu telat 6 minggu di tespack hasilnya garis 2 positip, waktu telat 9 minggu saya tespack lagi hasilnya negatif. Sudah konsul ke bidan malah bidannya bingung juga. Skrng perut saya terasa sakit pinggang terasa pegal dan masih keluar darah banyak sekali. Apakah itu halangan biasa atau kehamilan .? Mohon saran dan solusinya dok.makasih dok

    ReplyDelete
  34. Assalamu'alaikum wr wb.
    Malam dok, saya yani mau tanya, saya sudah telat haid 12 minggu tapi sekarang keluar darah banyak seperti haid.dulu waktu telat 6 minggu di tespack hasilnya garis 2 positip, waktu telat 9 minggu saya tespack lagi hasilnya negatif. Sudah konsul ke bidan malah bidannya bingung juga. Skrng perut saya terasa sakit pinggang terasa pegal dan masih keluar darah banyak sekali. Apakah itu halangan biasa atau kehamilan .? Mohon saran dan solusinya dok.makasih dok

    ReplyDelete