Sunday, April 7, 2013

Habbatussauda Menurunkan Kadar Kolesterol dan Trigliserida Darah

Dokter Muslimah
coklatkismisdoa
Kolesterol merupakan substansi mirip lemak yang berperan penting sebagai penyusun membran sel tubuh dan merupakan prekursor pembentuk hormon steroid dan asam empedu. Akan tetapi, kolesterol yang berlebihan dalam tubuh dapat menjadi salah satu faktor utama yang meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke.

Makanan yang berpotensi besar meningkatkan kadar kolesterol darah contohnya antara lain udang, cumi, kerang, kuning telur terutama pada telur puyuh, jeroan, keju. Sedangkan makanan yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol darah antara lain:
  1. Bubur gandum/ oatmeal, mengandung serat larut (soluble fiber).
  2. Kacang walnut, almond, dan jenis lainnya. Walnut secara signifikan menurunkan kadar kolesterol darah karena mengandung banyak asam lemak tak jenuh ganda (poly unsaturated fatty acids/ PUFA) yang dapat membuat pembuluh darah tetap sehat dan elastis.
  3. Ikan dan asam lemak omega-3. Para dokter merekomendasikan makan ikan minimal dua kali dalam seminggu.
  4. Minyak zaitun, mengandung campuran antioksidan potensial yang dapat menekan kolesterol tanpa mengganggu kolesterol yang baik.
  5. Teh. Menurut penelitian, EGCG (epigalocatechin gallate), yaitu komponen bioaktif paling dominan dalam teh terbukti mampu mencegah percepatan oksidasi kolesterol LDL.
  6. Anggur. Selain serat, di dalam buah anggur terdapat pula zat catechin yang sangat baik daam menurunkan kadar kolesterol.
  7. Apel, kaya serat, zat antioksidan dan vitamin C.
  8. Avokad. Selama ini avokad dianggap sebagai buah yang kaya lemak sehingga selalu dijauhi saat kolesterol sedang tinggi, padahal avokad sangat baik untuk menurunkan kolesterol. Buah ini mengandung PUFA.
  9. Coklat. Pilihlah coklat hitam atau pahit, mengandung banyak antioksidan dan flavonoid.
  10. Habbatussauda, menurunkan kadar kolesterol secara signifikan dan teruji dalam riset modern.
Peran Habbatussauda Terhadap Kadar Kolesterol Darah
Begitu banyak riset mengenai efek Habbatussauda (jinten hitam) terhadap kadar kolesterol darah, dimulai pada tahun 1988 secara in vivo pada hewan coba, yang menyimpulkan bahwa Habbatussauda memiliki aktivitas hypocholesterolemic dan menaikkan kadar HDL kolesterol di dalam darah. Dilanjutkan kemudian dilakukan penelitian pada manusia, diantaranya:
Menurut hasil riset Abdullah OB, pemberian biji Habbatussauda dengan dosis 2 x 1 gram perhari (pagi dan sore hari) selama 2 minggu, memberikan efek penurunan kadar kolesterol darah yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol yang diberi gula merah.
Kemudian Inayat Ulah Bhatti meneliti efek penggunaan Habbatussauda dalam mempengaruhi profil lemak di dalam tubuh manusia, yaitu dengan memberikan habbatussauda dosis 1 gram sehari kepada 10 penderita hiperkolestrolemia (kadar kolesterol darah tinggi). Dari penelitiannya yang kemudian dimuat di World Applied Sciences Journal 6 (8): 1053-1057 tahun 2009, menunjukkan bahwa konsumsi Habbatussauda pada pagi hari sebelum sarapan, menurunkan kadar total kolesterol dan LDL kolesterol secara signifikan. Juga terjadi kenaikan HDL kolesterol yang sangat signifikan. HDL kita ketahui sebagai kolesterol baik, berlawanan sifatnya dengan LDL.
Peran Habbatussauda terhadap Kadar Trigliserida Darah
Selain dilakukan penelitian terhadap kadar kolesterol darah, juga dilakukan penelitian pengaruh Habbatussauda terhadapa kadar trigliserida darah, karena sebagaimana kita ketahui bahwa trigliserida darah juga berperan besar terhadap proses terjadinya penyakit jantung koroner dan juga stroke.

Pada riset dengan judul "Effect of Oral Ingestion of Nigella sativa Seeds on Some Blood Parameters", menunjukkan penurunan kadar trigliserida darah secara signifikan dengan dosis pemberian 2 x 1 gram biji habbatussauda.

Pada riset yang berjudul "Therapeutic Effect Of Nigella sativa Oil on Different Clinical And Biochemical Parameters in Metabolic Syndrome", juga tercatat bahwa pemberian minyak Habbatussauda dengan dosis 2 x 2,5 ml perhari selama 6 minggu memberikan hasil penurunan yang lebih baik pada pasien yang sama-sama diterapi dengan atorvastatin 10 mg. Namun perbedaannya kurang signifikan.

Berdasarkan kedua riset tersebut, maka penggunaan Habbatussauda dalam bentuk biji pada kasus kadar trigliserida darah yang tinggi lebih disarankan daripada penggunaan dalam bentuk minyak.
Pada prinsipnya dosis yang ada dalam hasil riset bisa digunakan, hanya saja tetap harus memperhatikan pola makan, olahraga, pilihan bahan makanan dan pola istirahat yang baik. Kadar dalam data penelitian tersebut masih bisa ditambahkan dosisnya, apabila setelah evaluasi belum memberikan hasil yang baik. Namun pastinya juga disertai perbaikan pola hidup yang baik.
Note:
Dalam 1 kapsul habbatussauda berisi 500 mg bubuk habbatussauda
****************************
Contoh riset:
  1. Lipid Lowering Effect of an Antidiabetic Plant Extract, Department of Biochemical Faculty of medicine, University of Safat, Kuwait, 1988
  2.  The Effect of Dietary Nigella sativa Seeds on the Blood Cholesterol and Lipoprotein Levels in Rabbits, University of Khartoum, Sudan dan King Saud University, Saudi Arabia, 2009. Dimuat di Journal of Animal and Plant Sciences, Vol. 3, Issue 3: 227-230
  3. Abdullah OB, et al., Effect of Oral Ingestion of Nigella sativa Seeds on Some Blood Parameters, Saudi Pharmaceutical Journal Vol. 5, No. 2-3, 1997
  4. Inayat Ullah Bhatti, et al., Effect of Prophetic Medicine Kalonji (Nigella sativa L. ) on Lipid Profil of Human Beings: An In Vivo Approach, World Applied Sciences Journal 6 (8): 1053-1057, 2009
  5. Effect of Oral Ingestion of Nigella sativa Seeds on Some Blood Parameters, Saudi Pharmaceutical Journal Vol. 5, No. 2-3, 1997
  6. Therapeutic Effect of nigella sativa Oil On Different Clinical And Biochemical Parameters In Metabolic Syndrome

Simak juga artikel terbaru kami tentang manfaat curcumin sebagai antikanker dan kulit rambutan sebagai anti-diabetes.



 - dr. Desie Dwi Wisudanti -

Sumber: 
  • Habbatussauda Obat Segala Penyakit:: Kisah Nyata Seorang Dokter Meresepkan Habbatussauda untuk    Kesembuhan Pasiennya, dr. Insan Agung Nugroho
  • http://www.ncbi.nlm.nih.gov/ 

    Artikel Terkait Herbal Healing ,Herbal Medicine ,Herbal Remedy ,Herbs ,Obat herbal

    No comments:

    Post a Comment