/*Dokter Muslimah - Tips Sehat Keluarga, Ibu dan Anak*/ /**/ /* */

Saturday, March 2, 2013

Apa Yang Terjadi Pada Minggu Ke 1-12 Kehamilan dan Tips nya (1)

Dokter Muslimah
kedokteran.info
Awal Kehamilan

Umur janin dihitung berdasarkan hari pertama haid terakhir (HPHT). Hal ini dilakukan karena sulit untuk menentukan secara pasti kapan ibu mengalami ovulasi (keluarnya sel telur dari indung telur), dan kapan sel sperma membuahi sel telur tersebut. Jadi, karena peritungan kehamilan dihitung berdasarkan HPHT, berarti umur janin yang dikandung ibu adalah usia kehamilan dikurangi 2 minggu.

Tubuh ibu akan banyak berubah dalam masa 3 bulan pertama kehamilan. Perkembangan janin yang terjadi pada rahim ibu, sedikit banyak membawa pengaruh pada gejala normal seperti halnya perasaan mual, nyeri punggung, lelah, perubahan mood, kram kaki, sering berkemih dan konstipasi (sembelit) dapat terjadi di awal kehamilan. Ibu tidak usah khawatir, karena semua kejadian ini normal dialami dalam kehamilan.

Seiring dengan bertambahanya waktu, semakin besarnya kehamilan, maka keluhan ini perlahan-lahan akan menghilang. Makanlah asupan nutrisi yang bergizi karena trimester pertama adalah masa penting di dalam pertumbuhan organ janin (organogenesis). Setiap kehamilan berbeda, dan kehamilan ibu akan memiliki keunikan tersendiri.

Minggu Ke-1   : Jaga kondisi tubuh ibu
Minggu Ke-2   : Bersiap-siap Ovulasi
Minggu Ke-3   : Tanda awal kehamilan
Minggu Ke-4   : Awal pembentukan organ
Minggu Ke-5   : Permulaan awal embriogenik
Minggu Ke-6   : Kunjungan Prenatal pertama
Minggu Ke-7   : Adaptasi masa kehamilan
Minggu Ke-8   : Tingkatkan kualitas gizi
Minggu Ke-9   : Peningkatan volume tubuh ibu
Minggu Ke-10 : Pembesaran pembuluh vena ibu
Minggu Ke-11 : Pertahankan kontrol pola makan
Minggu Ke-12 : Perubahan fisik ibu
Minggu Ke-13 : Plasenta berkembang sempurna

Minggu Ke-1: Jaga Kondisi Tubuh Ibu

Minggu pertama merupakan minggu periode haid terakhir, perlahan-lahan hormon FSH (Follicle Stimulating ormone) mulai diproduksi untuk membantu pamatangan sel telur. Pembuahan (pertemuan sel telur dan sprema) baru terjadi 12-14 hari lagi.

Hentikan semua kegiatan merokok, mengkonsumsi NAPZA dan alkohol. Tiga hal yang disebutkan di atas dapat mempengaruhi perkembangan embrio dan menyebabkan kecacatan.
Untuk konsumsi obat rutin (obat tekanan darah tinggi, diabetes) sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum menghentikannya.

Vitamin B
Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B, serta asam folat sebanyak 400 mikrogram/ hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio. Asam folat dapat berasal dari hati, telur, brokoli, kacang, jeruk, padi-padian, buncis. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan apabila ibu akan mengkonsumsi suplemen asam folat.
Tips: Posisi berhubungan seksual
Posisi pria di atas merupakan posisi yang direkomendasikan apabila pasangan ingin meiliki anak. Dalam posisi tersebut, proses penetrasi (masuknya penis ke dalam vagina) dapat terjadi lebih dalam sehingga semen yang mengandung sel sperma dapat lebih dekat ke serviks (leher rahim) maupun uterus (rahim. Posisikanlah pinggul ibu lebih tinggi setelah selesai berhubungan seksual agar memudahkan sel sperma berenagn kea rah yang tepat. Selamat mencoba!

Minggu Ke-2: Bersiap-Siap Ovulasi

Akhir minggu ini adalah waktu ibu berovulasi. Ketika 200-300 juta sperma berenang di liang vagina. Hanya jutaan sperma saja yang mampu mencapai rongga rahim dan tuba, hanya sekitar 300-500 sel sperma yang mampu mencapai ampula tuba (dimana sel telur menanti dibuahi), dan hanya 1 sel sperma yang mampu memenangkan persaingan dari jutaan sel sperma lainnya pada akhir perjalanan.

Tambahan Kalori
Kesehatan ibu yang baik merupakan salah satu faktor yang penting dalam kehamilan. Nutrisi adekuat, olahraga dan istirahat yang cukup akan mempengaruhi kesehatan ibu. Jika berat badan ibu berada di dalam batas normal sebelum kehamilan, ibu memerlukan asupan kalor sebesar 2200 kalori setiap harinya pada 13 minggu pertama (trimester pertama).

Selama trimester kedua dan ketiga, ibu memerlukan tambahan 300 kalori per hari. Kalori tambahan dapat memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk ibu maupun janin.
Tips: Hindari Kafein
Kafein sebaiknya dihindari pada wanita hamil. Kafein sendiri dapat masuk ke saluran pencernaan jaanin yang masih belum sempurna. Beberapa penelitian membuktikan bahwa konsumsi kafein berlebih pada wanita hamil dapat menyebabkan kecacatan janin, persalinan premature, dan meningkatkan risiko untuk bayi lahir dengan berat badan rendah.

Minggu Ke-3: Tanda Awal Kehamilan
Tips : Kebutuhan kalsium
Protein digunakan untuk membuat jaringan baru, kalsium (1200 mg/ hari) berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi, dan zat besi (30mg/ hari) merupakan mineral dasar untuk meningkatkan volume darah embrio. Kalsium dapat bersumber dari produk susu, sedangkan zat besi banyak terdapat di daging merah, telur dan sayuran hijau.
Ketika pembelahan zigot dimulai, sel akan membelah menjadi 2 buah, kemudian terus-menerus membelah setiap 12 jam. Dalam waktu 3 hari sel akan membelah menjadi 16 (morula). Kemudian sel akan terarahkan perlahan-lahan berjalan dari saluran tuba menuju rahim. Di dalam rongga rahim sel akan berkembang menjadi ratusan sel dan dikelilingi oleh rongga berisi cairan yang disebut blastokista.

Dalam waktu 9 hari blastokista akan berimplantasi pada dinding depan atau dinding belakang rahim, dekat pada fundus rahim (bagian paling atas dari rahim). Tubuh ibu akan mengeluarkan protein imunosupresan yang mencegah tubuh bereaksi karena melihat janin sebagai benda asing. Jika implantasi atau perlekatan ini terjadi barulah dapat disebut kehamilan. Selamat ibu! Saat ini ibu sedang hamil 3 minggu (meskipun janin ibu baru berusia 1 minggu).

Ibu:
Minggu ini ibu akan sering merasa lelah dan payudara mulai terasa tegang dan sakit. Kedua hal tersebut merupakan pertanda awal kehamilan. Ibu juga dapat mengalami ketidakseimbangan mood atau disebut “bad mood” yang dikarenakan perubahan hormonal pada ibu hamil. Selain itu, mual atau morning sickness juga dapat terjadi. Konsumsi nutrisi yang adekuat sangat dibuthkan pada fase ini, seperti asam folat, protein, kalsium, dan besi, sangat penting bagi pertumbuhan embrio.

Minggu Ke-4: Awal Pembentukan Organ

Embrio:
Embrio akan bekerja keras minggu ini, membuat plasenta, tangkai penghubung (yang akan berkembang menjadi tali pusat), dan dasar dari tubuhnya. Kantung amnion yang berisi cairan amnion atau cairan ketuban yang mengelilingi embrio berguna untuk melindungi embrio. Sedangkan yolk sac akan memproduksi darah dan membantu memberikan nutrisi untuk embrio sampai plasenta mengambil alih. 

Ibu:
Sama seperti minggu sebelumnya, ibu akan merasakan tanda-tanda kehamilan. Ibu dapat memeriksakan kehamilannya minggu ini dengan melakukan tes kehamilan menggunakan test pack (stick). Jangan kecewa apabila hasilnya negatif, tidak semua alat tes kehamilan memiliki sensitifitas yang sama. Apabila hasilnya masih negatif maka ibu dapat mencoba lagi 1 minggu ke depan. Semakin lama menunggu untuk melakukan tes kehamilan, maka akan semakin besar kemungkinannya untuk positif. Makan berlebihan tidak akan menambah kesehatan janin namun hanya akan menambah berat badan ibu dan hal tersebut tidak baik. Apabila ibu lapar, sebaiknya ibu mengkonsumsi makanan sehat seperti snack ringan, jus segar, roti gandum, susu atau produk susu, dan sumber protein seperti daging dan unggas. Sereal, buah, dan sauran sebaiknya dikonsumsi secara seimbang. Hindari kalori kosong (banyak gula dan lemak).
Tips: Jaga kesehatan janin Anda
Hindari aspirin, merokok dan minum alkohol ketika hamil. Aspirin dapat menyebabkan perdarahan dan perubahan di dalam fungsi pembekuan darah. Merokok mengganggu penyerapan dari vitamin B dan C serta asam folat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, peningkatan risiko keguguran dan kematian bayi segera setelah melahirkan. Perokok pasif juga memiliki efek yang sama dengan yang aktif. Saat hamil, mintalah agar orang sekitar untuk tidak merokok di dekat Anda. Minum-minuman keras dapat menyebabkan fetal alcohol syndrome.

Minggu Ke-5: Awal Permulaan Masa Embriogenik 

Pada minggu ini ibu tidak akan mendapatkan menstruasi, salah satu pertanda untuk kehamilan. Apabila ibu melakukan tes kehamilan, maka akan sangat besar kemungkinannya untuk positif. Tes ini mendeteksi adanya hCG, hormon yang meningkat pada saat kehamilan. Produksi hormon yang masih meningkat dapat menimbulkan keluhan seperti minggu-minggu sebelumnya.

Ibu hamil membutuhkan 300 kalori ekstra setiap harinya. Pastikan ibu makan makanan yang bergizi untuk perkembangan embrio. Beberapa makanan yang mengandung parasit seperti listeriosis dan toksoplasma dengan efek dapat mengakibatkan kecacatan pada embrio sebaiknya dihindari.
Toksoplasmosis juga dapat melekat pada kotoran kucing. Sebaiknya ibu meminta orang lain untuk membersihkan kotoran kucing selama ibu hamil. Pastikan ibu memasak matang semua makanan, mencuci sayur dan buah sampai bersih, menghindari kotoran kucing, dan memakai sarung tangan apabila akan bekerja dengan tanah.
Tips:
  • Hati dan produk hati. Mengandung vitamin A dosis tinggi yang bersifat teratogenik menyebabkan cacat pada janin). Jangan berlebihan!
  • Makanan mentah atau setengah matang dapat meningkatakan risiko toksoplasma (seafood, daging)
  • Ikan yang mengandung metal merkuri dalam kadar tinggi seperti hiu, marlin, yang dapat mengganggu sistem saraf janin
  • Kafein yang terkandung dalam kopi, teh, coklat, kola dibatasi 200 mg per hari. Efek yang dapat terjadi diantaranya adalah insomnia (sulit tidur), refluks, dan frekuensi berkemih yang meningkat
  • Vitamin A dalam dosis > 20.000 – 50.000 IU/ hari dapat menyebabkan kelainan bawaan
  • Susu atau produk susu yang tidak dipasteurisasi
  • Telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah
  • Keju lunak seperti brie, camembert, feta, roqueforta

Minggu Ke-6: Kunjungan Prenatal Pertama

Perdarahan berupa bercak merupakan hal normal yang terjadi di awal kehamilan, namun berhati-hatilah karena bercak atau flek perdarahan tersebut dapat berupa tanda awal dari keguguran atau kehamilan ektopik (kehamilan di luar rahim). Hubungi dokter kebidanan Ibu apabila bercak perdarahan tersebut berlanjut.

Apabila ibu mulai sering merasa kelelahan, maka latihan fisik sedang atau olahraga disarankan untuk meningkatkan energi. Cobalah untuk berjalan atau mengikuti kelas yoga. Sering berkemih atau sering bolak-balik ke kamar mandi merupakan tanda umum kehamilan. Hal ini terjadi karena hormon ß-hCG akan meningkatkan aliran darah ke daerah panggul, bagus untuk peningkatan kepuasan seksual selama kehamilan.
Pada minggu ke-6 calon pasangan orangtua dapat berkonsultasi dan memulai kunjungan prenatal pertama ke dokter. Pada sebagian besar ibu hamil, Ibu akan diminta untuk kembali setiap 4 minggu selama 7 bulan pertama, kemudian setiap 2 minggu pada bulan ke-8, lalu setiap minggu pada bulan ke-9. Pemeriksaan USG dapat dilakukan minggu ini untuk mendeteksi gerakan janin dan anggota tubuh janin. Kelainan seperti blighted ovum atau mola hidatidosa dapat diketahui lebih dini dengan pemeriksaan USG.
Tips: Hubungi petugas kesehatan bila terjadi:
  • Perdarahan atau bercak dari vagina
  • Nyeri perut tiba-tiba dan berkelanjutan
  • Perembesan cairan dari vagina
  • Muntah terus-menerus (hiperemesis gravidarum)
  • Nyeri berkemih
  • Sakit kepala hebat dan terus-menerus
  • Gangguan penglihatan pada mata
  • Pembengkakan pada tangan dan kaki
Terkadang didapatkan beberapa tanda-tanda (seperti tersebut di atas) yang mengancam nyawa janin dan berbahaya bagi ibu.
Berhubung panjangnya tulisan, pembahasan kondisi kehamilan pada minggu ke-7 sampai ke-12 dapat di simak pada postingan berikutnya, klik disini.



- dr. Desie Dwi Wisuadanti -

Referensi:
- www.kedokteran.info
- saduran dari berbagai sumber lain

Artikel Terkait kehamilan

48 comments:

  1. Dr,sy mau tanya bru 1x kmrn stlh brhbgn intim sy mngluarkn bercak wrna coklat pd CD sy sprt mau haid,tp cm sdkt hr itu aja,bsknya ga lg.kira2 itu tnda khmilan bkn y?sy bru mnikah 11 mei kmrn.

    ReplyDelete
  2. Malam dok, saya sudah tlat haid 1 minggu, siklus 28 hari..
    Saat telat 4 hari saya test pack, hasil'a 2 garis tpi hasil yg stu'a lgi samar dok.. Payudara bengkak, sering kram perut hilang n timbul, cpat lelah n badmood, mual n sering muntah, tpi tdk ada bercak dok, apakah saya hamil? Krna sdah 2 taun saya menunggu kehadiran si buah hati..
    Trmksih dokter

    ReplyDelete
  3. @ Thilawati Edi: Tanda kehamilan ada tanda pasti dan ada yang tidak pasti, bisa dibaca lebih lengkap di beberapa artikel di blog ini yang berhubungan dengan hal itu. Bercak darah atau flek bs terjadi pada banyak kondisi, seperti saat ovulasi, saat implantasi (penempelan embrio ke rahim), karena robekan himen pada wanita yg baru pertama kali "berhubungan", atau kondisi lainnya yang juga bs dibaca di blog ini.
    Nah pada kondisi Mbak, bs dianalisis apakah bercak darah ini pada masa ovulasi yaitu hari ke-14 sebelum haid berikutnya (pada wanita dengan siklus haid teratur lebih mudah menghitungnya) atau mudahnya dengan mengingat-ingat apakah Mbak baru seminggu/ dua minggu yg lalu haid tp skrg koq keluar bercak, maka kemungkinan itu saat ovulasi. Atau mengingat-ingat apakah seharusnya sdh masuk waktu haid, tp koq hanya keluar bercak, bisa ditunggu beberapa hari sampai yakin sudah terlambat haid, baru kemudian dilakukan test pack. Jika ada yang belum dipahami, silahkan ditanyakan lagi.
    @ Bunda Ayu: Hasil test pack dua garis meskipun samar, dinyatakan hasilnya positif. Hasil tersebut harus dipastikan dengan pemeriksaan, salah satunya dengan USG untuk mendeteksi denyut jantung yg bisa terdeteksi dengan USG pada usia kehamilan 6-7 minggu. Jadi saat ini sebaiknya Bunda menjaga pola makan, cukup istirahat & bs mulai minum suplemen asam folat minimal 400 µg sehari sekali. Asam folat penting terutama pada trimester pertama untuk pembentukan tabung saraf. Baru nantinya 3 minggu atau 1 bulan lg Bunda bs periksa USG, karena periksa pada saat ini hanya bs terlihat titik yg menunjukkan adanya kantung kehamilan atau bahkan belum terlihat apapun. Hamil tidak harus selalu keluar flek. Keluar flek hanya sebagai salah satu tanda tidak pasti kehamilan. Ditunggu kabar selanjutnya ya Bunda, semoga kabar bahagia, Aamiin…

    Salam,
    dr. Desie Dwi Wisudanti

    ReplyDelete
  4. Siang dokter Desi.. Sy mau bertanya seputar makanan yg dilarang saat hamil trimester pertama.. Sy sekarang sdg hamil 8minggu boleh kah sy konsumsi seafood spt udang & cumi? Lalu apa saja yg tdk boleh konsumsi krn takut ada toksoplasmanya? Lalu pas usia kehamilan berapa sy bebas mengkonsumsi seafood?
    Terimakasih dokter...

    ReplyDelete
  5. Tidak ada larangan bagi ibu hamil mengkonsumsi seafood seperti udang dan cumi. Yang dilarang itu makan seafood yang mengandung raksa/ tinggi kandungan merkurinya. Seafood sendiri terutama ikan laut memiliki kandungan protein yang tinggi dan juga omega-3, yang tentunya baik juga bagi perkembangan janin. Kalau untuk mencegah terjadinya toksoplasmosis caranya antara lain masak daging sampai matang (jangan setengah matang), hindari minum susu segar mentah, cuci bersih/ kupas buah-buahan dan sayur-sayuran yang dimakan mentah, cuci tangan sebelum makan, rajin memeriksakan hewan kesayangan di sekitar kita, dsb.

    Salam,
    dr. Desie Dwi Wisudanti

    ReplyDelete
  6. malem dok, saya mau tanya dok, kemarin awal bulan Mei saya ml dengan istri saya, saya mengeluarkan sperma saya diluar rahim istri saya. Ketika pertengahan bulan Mei, istri saya mengalami gejala-gejala hamil, terdapat bercak darah juga, namun ketika di periksa oleh dokter saat Mei, dokter bilang tidak ada janin yang terbentuk (negatif dan USG tidak ada pembentukan janin). Dan istri saya mulai menstruasi beberapa hari setelah konsul ke dokter. Kemudian, awal bulan Juni kami melakukan ml lagi, kondisi juga sama seperti sebelumnya, keluar diluar. Beberapa hari kemudian, istri saya sempat mengalami sakit pada perut, kemudian payudara dan pinggul membesar. Tapi tidak ada tanda-tanda mual-mual dan bercak lagi, dan pertengahan Juni lalu juga mengalami menstruasi, yang jadi pertanyaan, apakah istri saya ini ada tanda-tanda hamil lagi atau proses hamil di bulan ke-dua dok? Terima kasih dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertengahan Juni menstruasi, saat ini sudah pertengahan Juli, jd ditunggu saja sampai terlambat haid, baru kemudian dilakukan test pack untuk mengetahui kemungkinan adanya kehamilan.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  7. Assalamu'alaikum dokter, saya 28 thn dan suami 29 thn sdh menikah 3 thn yang lalu namun belum dikaruniai anak. Sejak menikah kami hanya bertemu sabtu dan minggu dan hari libur, karena saya dan suami bekerja di kabupaten yang berbeda. Ketika bekerja saya sering mengendarai sepeda motor, karena saya bertugas di lapangan. Yang ingin saya tanyakan,apa yang harus saya lakukan agar saya dapat segera hamil, mengingat teman saya yang sama kondisinya (berjauhan dgn suami) bisa hamil. Saya sangat rindu memiliki anak dok, saya sering down setiap akhirnya datang bulan. Mohon bantuan dokter,, jazakillah khairan katsiran ..

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum dok, saya 28 thn dan suami 29 thn sdh menikah 3 tahun, namun belum dikaruniai anak.
    Sejak menikah saya dan suami bekerja di kabupaten yang berbeda, sehingga kami bertemu hanya 2 minggu sekali pada saat libur. Saya sudah mengajukan permohonan pindah ditempat saya bekerja namun terkendala dengan kontrak kerja untuk tidak pindah selama 5 tahun, saya sdh 3 tahun bekerja, berarti tinggal 2 tahun lagi. Saya sering mengendarai sepeda motor karena pekerjaan saya adalah di lapangan. Yang menjadi pertanyaan saya, apa yang harus saya lakukan dok, agar bisa hamil? Saya sangat merindukan punya anak dok, saya sering down ketika akhirnya saya datang bulan. Mohon saran dan bantuan dokter agar saya dapt hamil? Jazakillah khair dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam,
      Saran saya:
      1. Coba kenali masa subur Bunda, bisa bunda baca di artikel saya tentang "cara mengetahui atau menghitung masa subur". Mengapa masa subur? Karena pada masa ini terjadi ovulasi (pelepasan sel telur), sehingga hubungan suami istri pada masa ini lbh besar kemungkinannya untuk bisa hamil. Bunda juga bisa baca artikel saya tentang "Lendir Serviks Sarana Prediksi dan Pelindung Ovulasi". Jika ada yang tidak dimengerti setelah membaca artikel tersebut, silahkan ditanyakan.
      2. Frekuensi pertemuan Bunda dengan suami yang tidak terlalu lama dan jarang bisa menjadi kendala, mungkin bisa disiasati dengan sama-sama minta libur atau cuti terutama menjelang masa subur Bunda. Selain itu, dengan cuti tersebut Bunda dan suami juga bs refreshing dari beban kerja, kelelahan fisik dan penat serta rutinitas kerja, yang bisa juga menjadi penyebab belum dikaruniai anak.
      3. Melakukan gaya hidup sehat, baik suami maupun istri, seperti makan makanan yang sehat dengan gizi seimbang, menjaga berat badan ideal, tidak merokok, olahraga cukup, minum air putih cukup, dsb. Beberapa makanan yang bisa meningkatkan kesuburan juga bisa dikonsumsi, monggo disearching.
      4. Jangan terlalu stres Bund... justru stres, down, itu yang bisa juga menjadi salah satu penyebab. Wajar memang ada perasaan tersebut, tapi mari berpikir positif, setelah ikhtiar, berdoa, selebihnya diserahkan (tawakkal) pada Allah. Keep'n spirit ya Bunda Difa. Baarakallahu fiyk.
      Wa anti fa jazakillahu khoiron,

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  9. Ass dok stlah mmbaca artikel tsb
    Sya mulai paham
    Mungkin skitar 3 atau 2 minggu kebelakang lah sya dan suami sya melkukan hubungan intim dengan harap menghasilkan janin, sya wanita karir
    Akan kah jadi sebuah janin ?
    Tanda2 itu sudah saya alami bahkan bercak coklat dan kekuningan pun slalu ada d dlm cd saya
    Saya belom mencoba dengan testpeck
    Namun janin d perut ku akan kah jadi !!! Karna dr menstruasi pun aq belum tiba. Skitar 4 atau 3 mingguan sy belum haid minta penjelasan nya donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti sudah terlambat haid ya? Sebaiknya periksa test pack saja, dilakukan pagi hari setelah bangun tidur. Harap-harap cemas memang, tp minimal bs diketahui hasilnya dengan cara yang cukup mudah dan murah.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  10. Assalamu'alaikum dok.. Sy sudah 2 bln menikah.. Belakangan ini sy merasakan gejala2 yg sm spt mau mens: kram perut, PD bengkak n sensitif, lingkar puting gelap, sesekali mual. Sy sudah telat mens 4hr.. Sblm mens sy TP n hasilnya negatif. Lalu td pagi sblm sahur sy cb TP lg dan hasilnya dua garis merah tp yg satu samar bgt.. Pertanyaannya apakah sy hamil? Lalu apa yg seharusnya sy lakukan? Trimakasih byk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam, test pack dengan hasil dua garis merah meskipun salah satunya samar, mk hasilnya positif, kemungkinan hamil. Untuk memastikan, perlu dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui perkembangan janin dan detak jantung janin. Jk diperiksa dengan menggunakan USG, denyut jantung bisa dideteksi pd usia kehamilan 6 minggu, jika menggunakan Doppler baru bisa dideteksi minimal usia kehamilan 12 minggu. Jd saran saya, mbak bisa periksa 1 bulan lg. Sambil menunggu, sebaiknya mulai memperlakukan diri sendiri sedang hamil, sehingga harus dijaga baik-baik mulai dari makanan, istirahat, kegiatan fisik, penggunaan obat-obatan yang dapat berpengaruh ke janin, dll. Mbak juga bisa mengkonsumsi suplemen asam folat minimal 400 micro gram, penting untuk pembentukan tabung saraf di trimester awal.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  11. Assamulaykum..dok,HPHT saya tgl 27 juni 2013..haid saya teratur..saya sekarang sering merasa tegang di daerah perut dan pegal di pinggang..tp tidak setegang kalo mau dtg haid..tgl 20 kemarin saya keluar bercak darah,sedikit sekali.saya lakukan tes pack,hasilnya 1 garis merah tebal,1 garis tipiiiis sekali.. Tgl 23 keluar lg bercak darah sedikit lebih byk dr tgl 20..saya memang blm telat haid,,kira2 apa penyebab perdarahan yang saya alami dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam, test pack dengan hasil dua garis merah meskipun salah satunya tipiiis sekali, mk hasilnya positif, kemungkinan hamil. Untuk memastikan, perlu dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui perkembangan janin dan detak jantung janin, bs dengan menggunakan USG atau Doppler. Saran saya periksa satu bulan lg saja, krn periksa pada saat ini hasil USG kadang belum terlihat atau hanya berupa titik saja. Bercak darah atau flek bs terjadi pada kehamilan awal karena penempelan (implantasi) embrio ke rahim, bisa juga karena pada awal-awal kehamilan penempelan belum terlalu kuat sehingga mdh terjadi perdarahan kecil berupa flek perdarahan, jd sebaiknya dijaga kondisinya terutama dari hal-hal yg dapat menimbulkan kelelahan. Makan makanan dengan gizi seimbang, cukup istirahat, dll yang penting bagi ibu dan janin, sambil menunggu waktu pemeriksaan.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  12. Mlam dokter..saya mau tanya! Tanggal 13 juni 13 kmren saya mens terakhirs,dan sampai skrg saya blom dapet mens lagi..! Kira2 saya hamil ga ya dok..! Saya blom test pack krna kata temen percuma test skrg paling jg hsilnya negatif. Saya ga ngerasa perubahan apa2,ga mual,ga pusing cma perut sbelah kiri agak sakit dan semingguan ini terasa lmbab seperti keputihan. Mohon pnjelasannya ya dok. Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  13. Mlam dokter..saya mau tanya! Tanggal 13 juni 13 kmren saya mens terakhirs,dan sampai skrg saya blom dapet mens lagi..! Kira2 saya hamil ga ya dok..! Saya blom test pack krna kata temen percuma test skrg paling jg hsilnya negatif. Saya ga ngerasa perubahan apa2,ga mual,ga pusing cma perut sbelah kiri agak sakit dan semingguan ini terasa lmbab seperti keputihan. Mohon pnjelasannya ya dok. Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah Mb sdh terlambat haid? Kl iya, periksa dengan test pack tidak ada salahnya, tdk harus yang mahal, ada yang murah jg bs tetap mendeteksi meskipun memang sensitivitasnya lebih rendah krn kalau yang mahal dpt mendeteksi kadar beta HCG 10 mIU, sedangkan yang murah baru bisa mendeteksi kadar beta HCG 25 mIU. Normal pada wanita yang tidak sedang hamil kadar beta HCG kurang 5 mIU. Jadi, ditunggu saja sampai terlambat haid. Keputihan normal (fisiologis) bisa terjadi pada wanita yang akan haid atau pada wanita yang hamil.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  14. Halo Dok,saya sudah 4thn menikah blum dikaruniai anak. Saya cek ke dokter kandungan secara fisik di dlm katany bagus (hasil usg). Saya cek ke dokter yg berbeda, hasilnya sel telur banyak dan kecil2.Permasalahannya: saya biasa haid tgl 17, namun sejak mei 2013 mundur jd tgl 23. Sharusnya tgl 23 Juli 2013 saya sudah haid, tp di tgl 27 yg keluar hanya bercak coklat. Lalu besoknya saya test pack negatif. Tp perut saya bagian bawah terasa full, agak kebas/keram, pinggul dan pantat rada pegal. Dari tgl 1 agustus sampaai sekarang, saya banyak mengeluarkan cairan putih kental spt mau haid. Tp tak kunjung haid. Apakah saya ada kemungkinan hamil,dok? Mohon pendapatnya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu seminggu lagi kemudian bisa test pack lagi. Selama menunggu, tetap harus menjaga kualitas makan, istirahat, dll. H2C alias harap-harap cemas memang, apalagi penantiannya dah 4 tahun ini. Berdoa ya mb, semoga kabar bahagia. Tetap bersabar, bersyukur dan terus semangat apapun hasilnya.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  15. Assalammualaikum dok,
    Sebelumnya sayan mengucapkan Selamat Idul Fitri. Hari terakhir haid saya 6 Juli 2013, lalu pada tanggal 6 Agustus saya tidak haid. Saya melakukan pengujian menggunakan test pack kehamilan dan hasilnya muncul 2 garis merah, apakah saya positif hamil? Apakah saya masih boleh mengonsumsi suplemen vit E (everE250) dan suplemen Folavit 400?
    Saya tidak mengalami bercak darah seperti yang dokter jelaskan, tetapi mengalami kram di peruy bagian bawah, kencing yang terlalu sering, mual saat makan makanan tertentu dan saat sikat gigi. Apakah hal tersebut wajar? Apakah sebaiknya saya melakukan pemeriksaan USG? Terimakasih ya dok. Wassalamualaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam, ya hasilnya positif kemungkinan hamil, sampai dipastikan dengan terdeteksinya denyut jantung janin dengan USG pada umur kehamilan 6 minggu atau dengan Doppler pad umur kehamilan 12 minggu. Silahkan melanjutkan konsumsi suplemen folavit 400. Tidak harus keluar bercak darah, karena hanya tanda-tanda subyektif, tiap wanita hamil berbeda-beda tanda dan gejalanya. Periksa USG sekarang hanya terlihat titik atau bahkan kadang belum terlihat. Jadi saran saya sebaiknya tunggu 3-4 minggu kemudian saja (saat umur kehamilan sekitar 7-8 minggu).

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  16. Selamat siang dokter, saya saat ini b'usia 29 th dan suami 38 th. Kami baru menikah 4 bulan. Kami ingin segera memiliki momongan tp smp sekarang blm kunjung dapat. Siklus haid saya 30 hari setiap tgl 1, tapi sampai tgl 9 saya belum mendapat haid saya berharap sy hamil krn sy sempat mual, pusing, payudara membesar n badan sering pegal. tp tgl 10 pada saat saya buang air kecil, keluar lendir merah seperti haid tp sedikit tdk seperti biasanya saya haid dan masih keluar smp saat ini. Apakah Berarti sy tdk jd hamil?? tks dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba test pack dulu, kemudian istirahat. Jika masih keluar lendir darah dengan hasil test pack positif, periksa ke dokter atau bidan, kemungkinan bisa diberikan obat penguat kehamilan.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  17. Assalamualaikum. Doc, saya dari Malaysia. =)

    Saya mahu bertanya, haid terakhir saya pada 30 Julai yang lalu. Saya baru 2 hari lewat haid. Semasa hari pertama lewat, saya melakukan TP, hasilnya negatif. Rasa mual, sakit kepala, lenguh badan, perubahan mood memang sentiasa terjadi setiap kali waktu haid. Kitaran haid saya selalunya teratur 29 hari. Adakah saya hamil? Satu soalan lagi, 3 hari lagi saya perlu bertugas sebagai pengadil bola jaring (netball) yang memerlukan saya berlari dengan pantas. Seandainya saya hamil, adakah ia akan memberi kesan buruk kepada kandungan saya? Mohon penjelasannya ya doc. Terima kasih. Salam Eidulfitri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam,
      Sebelumnya saya mau mengkonfirmasi dulu untuk mengetahui hari pertama haid terakhir (HPHT) Cik, sehingga bisa diketahui haid berikutnya apakah sudah terlambat atau belum. Cik Naz menyebutkan bahwa siklus haid teratur 29 hari dan hari ini (19 Agustus) sudah terlambat haid 2 hari, haid terakhir tanggal 30 Juli, berarti HPHT tanggal 20 Juli, lama haid 10 hari???
      Saran saya, tunggu 3 hari sampai seminggu untuk tes pack lg, sambil menunggu sampai benar-benar diketahui sudah terlambat haid. Tetapi krn Cik Naz akan bertugas, bisa juga dilakukan pemeriksaan laboratorium kadar beta HCG dalam darah. Jk terdapat peningkatan lebih dari normal, maka kemungkinan hamil. Jika hamil, maka berlari-lari pada usia kehamilan awal bs membahayakan kondisi janin. Karena pada usia kehamilan muda, masih sangat rentan untuk terjadinya keguguran.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  18. Assalamu'alaikum dok, saya haid terakhir tgl 7 juli Dan kemaren saya ke dokter tgl 16 agustus Dan saya Di usg transvaginal,hasilnya baru terlihat kantung janin 0:5 cm,padahal menurut perhitungan saya sudah hamil 5 w 5 day,tapi menurut dokter saya usia kehamilan antara 4 sampe 5 week,Dan awal kehamilan saya merasakan tanda2 hamil, sekarang nyeri pada payudara tidak sesakit saat awal hamil Dan rasa nyeri Di perut sudah tidak saya rasakan seperti saat minggu lalu, saya merasakan tubuh saya seperti biasa,normalkah saya?apakah memang yg dirasakan seperti itu?terimakasih dok..untuk saat ini memang saya belum beraktivitas mengajar, jadi lebih banyak dirumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam,
      Tgl 7 Juli merupakan haid terakhir ataukah HPHT (hari pertama haid terakhir)? Mengetahui HPHT dan siklus haid penting untuk menghitung umur kehamilan dan taksiran partus (hari perkiraan lahir). Jk diasumsikan bahwa HPHT 7 Juli, maka usia kehamilan pada tgl 16 Agustus adalah 5w 5d. Tapi mungkin dokter menghitung usia kehamilan berdasarkan hsl USG. Tidak masalah sedikit berbeda, yang penting sekarang Mb Rosa sdh tahu sdg hamil, tinggal dijaga, pada pemeriksaan-pemeriksaan berikutnya bisa diketahui perkembangannya serta bisa dikonsultasikan lebih lanjut kepada Dokter yang memeriksa.
      Yg Mb sebutkan td adalah tanda-tanda subyektif, yang bisa ada, bisa tidak dan bisa juga cepat hilang. Alhamdulillah jk sudah tidak ada keluhan td, berarti tubuh Mb cepat beradapatasi.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  19. Assalamu'alaikum dok,
    begini, istri saya M pertama pada tanggal 6 agustus malam hari. dan akhir M pada tanggal 10 Agustus.
    kami melakukan ML pada tanggal 15 agustus malam hari tapi sebelumnya di pagi hari, saya melakukan onani.
    pertanyaan saya,
    apakah istri saya bisa hamil karena sebelumnya saya telah onani di pagi harinya?
    dan apakah pada tanggal 15 agustus itu adalah masa subur istri saya?

    terimakasih.

    Dyo, Madiun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam,
      Untuk mengetahui kapan masa subur, perlu diketahui terlebih dahulu siklus menstruasinya berapa hari, teratur atau tidak. Tgl 15 Agustus bisa saja menjadi masa subur istri jk siklus menstruasi teratur sekitar 23-26 hari. Untuk menghitung masa subur bisa dibaca di artikel saya yang lain di blog ini tentang cara menghitung masa subur.
      Meskipun sudah onani pagi harinya, bs saja hamil jk pd malam tsb. adalah masa subur istri, dengan izin Allah. Tidak ada hubungannya antara onani sebelumnya pada pagi hari dengan hubungan seks yang dilakukan kemudian pada malam harinya.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  20. Assalamu'alaikum dok....
    HPHT saya tgl 29 juni lalu dok, tp siklus haid saya tdk teratur. Sering mundur sampe 3 minggu. Tp sampai skrg saya belom haid, dan tdk ada tnda2 sprti mual dll. Hanya sering pipis dan nafsu makan yg bertambah. Saya jg belom tes pake TP krna takut kecewa... menurut dokter saya hamil gag y???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tes pack saja dulu agar tidak penasaran, dengan konsekuensi kecewa atau malah bahagia :), atau menunggu sampai benar-benar sudah terlambat haid, mengingat siklus haid yang tdk teratur hingga 3 minggu. Semoga kabar bahagia.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
    2. Setelah TP hasilny negatif dok.. krna suami ngotot buat USG, akhirny d dpt hasil memang tdk hamil (kat dokter kosong gitu)
      Tp sampai skrg saya jg belom datang bulan tuh dok...
      Normal kah???

      Delete
    3. Jika siklus haid lebih dari 35 hari, berarti kemungkinan ada ketidakseimbangan hormonal yang penyebabnya sangat banyak. Sebaiknya dikonsultasikan juga pada DSOG yang memeriksa, sehingga diketahui penyebabnya.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  21. Assalamualaikum
    Saat ini saya hamil anak kedua usia 4 minggu (berdasarkan hasil USG), sering timbul bercak dan keluar cairan bening pada vagina. Konsul ke dokter saya kelelahan, tapi saya lupa bilang mengenai cairan bening yang keluar. Seberapa bahayakah cairan tersebut bila sering keluar?. Berdasarkan USG kandungan saya dinyatakan bagus oleh dokter. Pada kehamilan pertama tidak mengalami bercak ataupun kelelahan sama sekali.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam, maaaaf....baru bisa reply sekarang, bagaimana kabar kehamilannya? Semoga ibu dan janin sehat.
      Cairan bening yang dimaksud apakah keputihan? Jika ya, maka keputihan pada wanita hamil adalah fisiologis (normal), selama tidak diikuti dengan perubahab warna (misal putih kental, kehijauan, dll.), berbau, disertai gatal dan jumlah yang sangat banyak sehingga menimbulkan ketidaknyamanan.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  22. Assalamu'alaikum dok...
    HPHT saya kmrn 29 juni dan sampai skrg blom haid. Siklus M saya tidak teratur, sering mundur 2-3 minggu. Tp skrg sudah mundur 3 minggu lebih. Saya TP hasilny negatif.
    Pd tgl 1 juli kmrn saya operasi FAM d payudara kiri, kmudian melakukan terapi minum rebusan air daun sirsak rutin tiap hari sekali..
    Menurut dokter, saya hamil ato tdk?
    Apakah mens yg tdk kunjung dtg dkarrnakan minum air daun sirsak td dok??
    Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam, tidak ada hubungannya antara minum air rebusan daun sirsak dengan mens yang tidak kunjung datang.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  23. Assalamualaikum dok,,
    HPHT saya tgl 14 agst-20 agst. Tgl 21,22,24 agst sy melakukan hubungan bdn dgn suami, ketika tgl 30 kami melakukan kmbali hub.badan tiba" stlh selesai melakukan Hub.badn perut sy bagian bwh sakit luar biasa dan terdapat darah segar sekitar 3tetes, stlh 5 menit kemudian rasa sakit sudh tak trsa lagi tp fleknya msh berlangsung keesokan harinya dan berubah wrna mnjadi coklat dlm jumlah yang sedikit pula. Sy kmbali melakukan hub.bdn tgl 7sept, dan kmbali mengeluarkan darah sprti tgl 30. Yang jadi pertanyaan apkh itu ciri2 awal kehamilan krna saya sangat berharap bs hamil dok. slma 3 minggu ini nafsu mkn sy meningkat, slalu merasa lapar, perut saya pun setiap mlm terasa mules sprt ingin BAB dan keputihan sangat kental dlm jumlah lumayan bnyk. Seharusx tgl 12 sept sy dpt jtah "M" krna siklus haid sy 26-29hr. Sy sudah TP tgl 12 sept tapi hasil negatif? Menurut dokter apaa yang harus sy lakukan dan berbahayakah bercak darah setiap habis berhubungan badan dok krna slma 6thn menikah sy tidak prnh mengalami kejadian sprti ini?
    Wassalam

    ReplyDelete
  24. Wa'alaykumussalam, setiap habis berhubungan keluar bercak darah? Hanya setelah berhubungankah? Sdh berlangsung selama 6 tahun atau akhir-akhir ini saja? Nyeri saat berhubungan? Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah perlukaan saat berhubungan. Tapi, jika masih terus berlanjut, sebaiknya dikonsultasikan dan diperiksa langsung oleh dokter.

    Salam,
    dr. Desie Dwi Wisudanti

    ReplyDelete
  25. Assalamualaikum, mohon pendapatnya dok. saya menikah menginjak 5 bulan. HPHT saya 26 sept lalu, biasanya selalu maju 1-2 hari siklus haid saya 30-31 hari. bulan ini saya telat haid 6 hari dan sudah 2x testpack selalu negatif. di hari ke 6 ini setelah testpack saya temukan bercak darah di tisue kemudian saya memutuskan untuk memakai pembalut, saat pakai pembalut saya tidak menemukan bercak darah sedikitpun hanya sesekali setelah buang air kecil saya temukan bercak di tisue. apakah itu sudah tanda positif hamil? gejala perut keram seperti mau haid kembung berasa sekali tidak nyaman. sabelumnya saya konsumsi vitamin e dan madu, apakah masih boleh diteruskan mengkonsumsi vitamin e? harus menunggu berapa minggu lagi sampai waktunya kunjungan prenatal pertama? terima kasih.

    salaam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam, maaf baru baca comment-nya.
      Tanda kehamilan ada yang tanda pasti dan ada yang tidak pasti (subyektif), mbak bs baca di artikel lain di blog ini mengenai hal tersebut. Seharusnya kl hamil, minimal bisa dideteksi awal dengan menggunakan tes pack. Jd coba tes pack lg pada pagi hari setelah bangun tidur. Kunjungan prenatal pertama menurut saya dilakukan jika memang dari hsl tes pack positif. Setelah hasil tes pack positif, kapan dilakukan? Tergantung tujuan pemeriksaan, jk ingin memastikan kehamilan, sekalian saja pada minggu ke-6 atau 7 kehamilan atau 2 sampai 4 minggu setelah terlambat haid. Kenapa? Karena pada sekitar minggu ke-6 atau ke-7, denyut jantung janin harusnya sdh bisa dideteksi dengan USG, perkembangan embrio dalam kantung kehamilan juga mulai bisa dianalisis, lagi pula pada usia kehamilan 4 atau 5 minggu biasanya hanya bisa terlihat titik atau kantung kehamilan atau malah belum terlihat apapun. Tetapi biasanya wanita yang hamil pertama kali, kadang belum punya pengalaman dan pengetahuan sebelumnya mengenai apa saja yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan pada saat hamil, termasuk jenis vitamin/ suplemen yang harus dikonsumsi di awal kehamilan. Jadi... boleh-boleh saja melakukan pemeriksaan prenatal segera setelah hasil tes pack positif, baik ke ke bidan atau DSOG untuk berkonsultasi seputar hal tersebut.
      Megenai vitamin E, vitamin ini membantu dalam pembentukan otot dan sel darah merah. Namun, dosis tinggi dari vitamin E dalam kehamilan juga tidak boleh. Para ahli menyarankan bahwa vitamin untuk ibu hamil sebaiknya mengandung vitamin E yang cukup dalam makanan mereka sehingga tidak perlu minum suplemen tambahan vitamin E selama kehamilan. Kelebihan vitamin E malah berpotensi berbahaya bagi ibu hamil. Jadi, alangkah baiknya jika nutrisi yang kita perlukan didapatkan alami dari makanan yang kita makan. Suplemen dibutuhkan jika memang kita tidak mampu mendapatkan nutrisi tersebut karena sebab-sebab tertentu, seperti mual muntah sehingga asupan nutrisi berkurang, anemia, dll.

      Salam.
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
  26. Dok. sy setya. ahamdulilah skrg sudah uk 7Wk, sy mw tanya.. sy dg suami masih tetap HB sering,, dan sperma dikeluarkan didlm vagina,, apakah tdk apa2? katanya ada yg blg membuat keguguran.
    trmakash

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, selamat atas kehamilannya, semoga ibu dan janin sehat ...
      Kondisi kehamilan tiap wanita berbeda-beda, memang ada yang rentan sehingga dengan pemicu sedikit saja bisa mengalami flek-flek perdarahan terutama di trimester awal, tetapi ada juga yang tidak bermasalah. Sperma mengandung prostaglandin yang dapat memicu terjadinya kontraksi rahim, tetapi sekali lagi tidak setiap wanita dipengaruhi, lagipula konsentrasinya juga tidak besar. Akan tetapi pada wanita yang sudah mempunyai riwayat keguguran pada kehamilan sebelumnya atau riwayat keluar flek sebelumnya, hendaknya menghindari hubungan badan hingga dirasa kandungannya cukup umur dan cukup kuat, misalnya pada trimester kedua. Kalaupun kemudian melakukan hub seksual, maka disarankan penetrasi tidak terlalu dalam.
      Ibulah yang paling mengerti kondisi ibu, jd jk kemudian terdapat flek, maka untuk sementara dihindari dulu dengan mengkomunikasikannya dengan suami.

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete
    2. Dok saya mau tanya,
      Saya ikut program BT dan ET blastosis tgl 14 des. Sedangkan tgl 21 des. saya testpack muncul garis merah sgt tipiis bgt (hampir gak terlihat) & td pafi saya testpack lagi malah negatif.. apa saya gagal program & apa yg menyebabkan embrio blastosis tdk nempel yah dok.?
      mohon saran, terima kasih

      Delete
  27. Mohon saran dok,saya sdh Testpack dan hsilnyA positif,tp suami minta utk checkup di usia 3bln.bagaimana dok?apa janin sy nnt akan baik2 saja...terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya periksa ke DSOG dengan menggunakan USG?
      Pada dasarnya, pemeriksaan USG pada trimester pertama bertujuan untuk memastikan kehamilan, yaitu dengan melihat denyut jantung (terdeteksi pada usia kehamilan 6 atau 7 minggu) dan perkembangan embrio dalam kantung kehamilan. WHO menganjurkan pemeriksaan ANC (ante natal care) dilakukan minimal 4x selama masa kehamilan yaitu 1x pada trimester pertama dan kedua, 2 kali pada trimester ketiga. Pemeriksaan ini dilakukan tidak harus ke DSOG, tetapi bisa juga ke bidan. Pemeriksaan yang penting justru setelah minggu ke-20 karena terdapat beberapa penyakit atau gangguan kehamilan, yang harapannya bisa dapat diketahui dini dan mendapat penanganan yang tepat, seperti hipertensi dalam kehamilan, dll. Sehingga saran saya, tidak mengapa Ibu melakukan apa yang diperintahkan suami Ibu, KECUALI jika Ibu ada keluhan seperti mual muntah terus menerus, keluar flek, dll, dan pasti suami Ibu juga memahami. Sekarang yang terpenting adalah dengan mengetahui sedang hamil, maka harus menjaga kehamilannya dengan baik seperti mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan bernutrisi, menjauhi kegiatan-kegiatan yang dapat membahayakan kandungan, cukup istirahat, dan banyak lg. Juga tidak lupa untuk mengkonsumsi suplemen yang penting untuk pertumbuhan janin, terutama asam folat di trimester pertama ini. Semoga kehamilannya baik ya Bu...

      Salam,
      dr. Desie Dwi Wisudanti

      Delete