Saturday, February 23, 2013

Tips Merawat Kulit Saat Hamil

Dokter Muslimah
Saat hamil, kulit jadi meregang dan seperti retak-retak. Dengan merawat kesehatan dan kecantikan kulit, perubahan yang terjadi pada kulit saat hamil bisa diminimalkan. Perawatan kulit saat hamil tidaklah sulit dan dapat dilakukan sendiri. Yuks intip tips merawat kulit saat hamil berikut ini:
  1. Minum air putih minimal 8 gelas sehari.
  2. Konsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau, buah, vitamin, dan mineral.
  3. Makan makanan yang mengandung protein karena protein dibutuhkan untuk pertumbuhan sel-sel kulit.
  4. Istirahat yang cukup, minimal enam sampai delapan jam per hari. Saat beristirahat itulah sel-sel kulit bekerja untuk memperbarui sel kulit lama yang sudah mati.
  5. Olahraga. Wanita hamil dan ibu menyusui juga perlu berolahraga agar sirkulasi darah tetap terjaga. Olahraga yang ringan dan teratur seperti jalan santai, senam khusus ibu hamil, dan yoga cukup dianjurkan pada ibu hamil. Biasanya dilakukan pada usia kehamilan lebih dari tiga bulan. Olahraga merupakan aktivitas yang dianjurkan untuk ibu hamil karena dengan semakin bugar tubuh kita selama kehamilan, maka akan:  
    • Mempermudah adaptasi seorang ibu terhadap perubahan postur
    • Mempermudah persalinan
    • Membantu pengembalian bentuk tubuh ibu pasca kehamilan
    • Juga dapat menghilangkan ketegangan dan gejala-gejala lain akibat perubahan hormonal selama kehamilan. 
    Hentikan olahraga apabila timbul nyeri akibat kontraksi rahim dan keluarnya darah/ cairan per vaginam.
  6. Jaga kebersihan, terutama kebersihan kulit dan lingkungan sekitar.Gunakan tabir surya untuk menghindari sinar matahari. Hal ini akan mengurangi topeng wajah. Usapkan tabir surya 30 menit sebelum keluar rumah dan oleskan tiga sampai empat jam sekali. Kalau gampang berkeringat, pemakaian tabir surya harus lebih sering, misalnya dua jam sekali.
  7. Gunakan penutup fisik, seperti baju lengan panjang, topi, atau payung. Hal ini dapat membantu menahan efek sinar matahari yang buruk bagi kulit.
  8. Untuk mencegah timbulnya striae yaitu guratan berwarna putih terutama di bagian perut disebabkan perut yang semakin membuncit, maka sebelum striae itu timbul, di awal trimester kedua, mulai gunakan pelembab secara rutin pada daerah lipatan kulit, seperti perut, bokong, dan paha (tips dari teman sekamar saat diklat prajabatan di Surabaya, terimakasih ya mbak...). Pelembab dapat juga diganti dengan minyak zaitun yang mengandung nutrisi bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.
Pengen kulit tetap terlihat cantik kan... Mari dipraktekkan! 




- dr. Desie Dwi Wisudanti -
Saduran dari berbagai sumber

Artikel Terkait kehamilan

No comments:

Post a Comment