Thursday, January 24, 2013

Mengenal Tanda-Tanda Kehamilan

Dokter Muslimah
indobeta.com
Ehmm… saya sudah telat haid 5 hari nih… Hamil nggak ya???

Mungkin anda pernah mengalami rasa deg-degan dan harap-harap cemas seperti ini. Kebanyakan dari kita mungkin tidak mengetahuinya sampai terlambat menstruasi 1 atau 2 minggu. Jika Anda tidak pernah mencatat siklus menstruasi atau bila siklusnya tidak teratur setiap bulannya, Anda mungkin tidak tahu kapan ‘jadwal’nya, sehingga Anda tidak tahu kalau datang bulan Anda mungkin sudah terlambat. Untuk mengenal lebih dekat tanda-tanda awal kehamilan, simak tanda-tandanya berikut ini.
  1. Tidak mendapatkan menstruasi.
    Ini merupakan tanda awal yang paling sering membuat seorang wanita berpikiran bahwa kemungkinan dia hamil. Sangat disarankan bagi wanita untuk rajin mencatat tanggal siklus mens mereka. Jika Anda biasanya menstruasi cukup teratur dan bulan ini Anda ‘terlambat’, Anda bisa mencoba tes kehamilan walaupun Anda belum merasakan ada tanda-tanda kehamilan lain seperti yang nanti saya sebutkan. Tetapi jika menstruasi Anda tidak teratur atau Anda tidak terlalu memperhatikan siklusnya, rasa mual-mual, payudara yang terasa mengencang dan lebih sering ke kamar kecil bisa menandakan kehamilan sebelum Anda menyadari bahwa mens anda terlambat. Menstruasi terjadi akibat tubuh mengeluarkan berbagai unsur yang dipersiapkan untuk pembuahan, yang tidak terpakai. Setelah pembuahan terjadi, janin terbentuk, maka tubuh tidak perlu melakukan proses pembersihan. Walaupun tidak selalu berarti suatu kehamilan, tetapi tidak munculnya mensturasi bisa jadi merupakan tanda bahwa Anda hamil.
  2.  
  3. Payudara mengencang, lebih sensitif dan puting mengeras.
    Setelah dua atau tiga minggu Anda menyadari menstruasi tak datang, pada saat yang sama Anda dapat merasakan perubahan payudara. Selain terasa lebih kencang, puting payudara juga terlihat lebih tegak dan mengeras. Anda merasakannya seperti saat mendekati menstruasi. Beberapa wanita bahkan bisa merasakan perbedaannya beberapa hari setelah terjadinya pembuahan. Keadaan ini disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon dalam tubuh. Rasanya mungkin lebih sakit dari yang Anda biasa alami sebelum menstruasi. Rasa tidak nyaman ini akan berkurang setelah trimester pertama, seiring tubuh menyesuaikan dengan perubahan hormon.
  4.  
  5. Areola (lingkaran sekitar puting payudara) berwarna lebih gelap dan lebih lebar. Perubahan ini disebabkan karena pori-pori di sekitar puting payudara membesar. Perubahan warna ini sangat dibutuhkan oleh bayi ketika ia akan menyusu pada ibunya.
  6.  
  7. Mudah lelah.
    Merasa sangat lelah secara tiba-tiba? Anda jadi malas melakukan kegiatan biasanya, ingin tidur seharian, seperti kehabisan tenaga. Tidak ada yang tahu secara pasti apa yang menyebabkan kelelahan pada awal kehamilan. Tapi ada kemungkinan terjadinya karena perubahan kadar hormon sehingga metabolisme tubuh pun mengalami penyesuaian. Hal inilah yang menyebabkan ibu hamil mengalami rasa lemas dan lesu yang seringkali diterjemahkan sebagia rasa malas pada awal-awal kehamilan (mulai minggu pertama setelah konsepsi). Anda akan merasa lebih berenergi setelah Anda menginjak trimester kedua. Walaupun rasa lelah biasanya kembali datang pada bulan-bulan akhir kehamilan ketika Anda membawa beban lebih berat dan ketidaknyamanan juga biasa terjadi pada masa kehamilan yang membuat Anda susah untuk tidur dengan nyenyak. Jangan coba melawannya, tenang saja, dan biarkan berjalan apa adanya.
  8.  
  9. Mual dan Muntah.
    Gejala ini seringkali diidentikkan dengan kehamilan. Perubahan hormon (peningkatan hCG) akan menyebabkan wanita hamil merasa mual dan muntah. Kondisi ini disebut morning sickness dan cenderung dialami pada minggu-minggu pertama masa kehamilan (2-8 minggu setelah konsepsi). Meskipun disebut morning sickness, rasa mual dapat muncul kapan saja, tak peduli pagi, siang atau malam.
    Kira-kira 50% wanita hamil tetap merasakan mual-mual sampai pada awal trimester kedua. Dan sebagian lagi yang lain perlu beberapa bulan sampai rasa mualnya benar-benar hilang.
  10.  
  11. Penciuman lebih sensitif.
    Kadang ketika Anda merasa bahwa penciuman Anda lebih tajam dari biasanya, bisa jadi Anda sedang “mencium” gejala kehamilan. Hal ini mungkin disebabkan karena perubahan hormonal dalam tubuh Anda. Kalau Anda pertama kali hamil, tidak aneh kalau Anda menghindari bau kopi atau aroma lain yang menyengat. Anda juga mungkin akan menemukan beberapa makanan yang biasanya Anda suka tiba-tiba jadi ‘aneh’ rasanya.
  12.  
  13. Sering Kencing. Ooppps, kenapa ya akhir-akhir ini Anda mendapati diri Anda jadi lebih sering ke toilet? Ini terjadi kebanyakan karena selama kehamilan terjadi peningkatan aliran darah dan cairan tubuh sehingga cairan yang diproses di ginjal juga meningkat dan akhirnya ke kantung kencing Anda. Gejala ini biasanya muncul awal minggu ke-6 sampai trimester pertama dan jadi lebih sering seiring proses kehamilan dan pertumbuhan bayi yang semakin menekan kantung kencing Anda. Jadi saat ke toilet besok, mungkin Anda perlu membawa alat tes kehamilan.
  14.  
  15. Perut kembung. Jika belakangan Anda sering merasa perut Anda kembung (bloated), bisa jadi perubahan hormon akibat kehamilan adalah penyebabnya.
  16.  
  17. Sembelit atau susah buang air besar. Biasanya hal ini disebabkan karena adanya peningkatan relaksasi otot-otot saluran pencernaan akibat perubahan hormon tubuh, sehingga sistem pembuangan bekerja lamban.
  18.  
  19. Kenaikan suhu tubuh. Jika Anda teliti, suhu basal Anda (suhu ketika Anda baru bangun tidur di pagi hari) akan meningkat hingga 1 derajat semenjak terjadinya konsepsi, dan ini bisa berlangsung terus jika Anda memang hamil. Kondisi ini biasanya terjadi hingga dua minggu awal kehamilan.
  20.  
  21. Kram perut disertai Spotting.
    Perut bagian bawah cenderung terasa kejang dan keras. Pada saat yang sama akan terlihat spotting (bercak darah) pada celana dalam. Jika Anda sedang mengharapkan kehamilan, dan kalender sudah menunjukkan Anda terlambat haid, jangan keburu panik ketika mendapati spotting. Itu bisa saja akibat penempelan embrio pada lapisan yang kaya akan darah di dinding rahim Anda, dan itu hal yang normal. Proses ini terjadi antara hari ke 8 – 10 sejak masa ovulasi bulan berjalan, tetapi tidak ada seorangpun yang tahu dengan pasti. Biasanya noda darah yang terlihat tidak terlalu merah (tampak seperti noda merah, pink atau agak kecoklatan), hanya sedikit dan berakhir dalam 1 -2 hari. Yang perlu anda lakukan adalah beristirahat, dan mungkin berkonsultasi dengan dokter Anda. SEGERA beritahu dokter anda bila anda mengalami perdarahan, apalagi bila itu diikuti rasa sakit. Baca: http://sehatlife.blogspot.com/2013/01/keluar-flek-saat-hamil-dan-cara.html
  22.  
  23. Sakit punggung bagian bawah.
    Terjadi di awal kehamilan, nyeri dirasakan sebagai nyeri yang tumpul.
  24.  
  25. Sakit kepala, pusing, migren.
    Peningkatan hormon yang tiba-tiba menyebabkan hal ini sering terjadi di awal kehamilan.
  26.  
  27. Ketagihan terhadap beberapa makanan.
    Ketika hamil, beberapa wanita ketagihan terhadap beberapa makanan seperti es krim, coklat, dll.
  28.  
  29. Tidak ada nafsu makan.
    Mungkin ada hubungannya dengan mual-mual di atas.
  30.  
  31. Keputihan (vaginal discharge) atau keluarnya cairan berlebihan dari vagina karena pengaruh hormonal .
    Hal ini termasuk normal. Namun sebaiknya terus dilakukan observasi jika terjadi perubahan warna, bau dan terjadi gatal2 atau rasa “burning“/ terbakar.
  32.  
  33. Insomnia.
    Beberapa kasus, biasanya ibu hamil mengalami sulit tidur.
  34.  
  35. Pembuktian: Hasil test kehamilan di rumah.
    Biasanya Anda bisa melihat tanda positif atau tidaknya kehamilan Anda pada alat testpack, tetapi ada testpack yang tidak cukup sensitif membaca tanda kehamilan sampai kurang lebih seminggu setelah terlambatnya datang bulan. Jadi jika Anda memutuskan untuk melakukan tes lebih awal dan hasilnya negatif, coba lagi beberapa hari berikutnya. Jika Anda ‘akhirnya’ menemukan hasilnya positif, periksalah ke dokter kandungan.
  36.  
    Nah… tanda/ gejala kehamilan itu, berbeda-beda antar wanita, semuanya belum pasti hingga ada tanda pasti kehamilan. Anda perlu memeriksakan kondisi kesehatan sejak awal kehamilan, agar kehamilan berlangsung tanpa hambatan dan si kecil kelak lahir sehat. 



 - dr. Desie Dwi Wisudanti -
-----------------------------------


Referensi: 
http://desiemeilana.wordpress.com/2009/11/23/mengenal-lebih-dekat-tanda-tanda-kehamilan/

Artikel Terkait kehamilan ,Pra-kehamilan

5 comments:

  1. assalamu'alaykum.
    dokter, siklus haid sy sering telat 2 minggu , tp bbrp bulan trakhir haid sy skitar tgl 6, tp bln kmarin tgl 9. skrg sdh tgl 25 n' blum haid. apa mgkin hamil, krn 3x TP (siang/ sore) negatif. mual hari ini baru terasa. putin sakit tp wrnx tdk mghitam alias sm dg biasa, agak nyeri haid dr awal bulan. penciuman malah mulai normal krn wkt hamil pertama dan melahirkan akhir desember 2013 penciuman sy lbh sensitif pd rokok n' kopi.

    ReplyDelete
  2. Wa'alaykumussalam, gmn perkembangannya saat ini mbak? Maksudnya melahirkan akhir Desember 2012?

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum dokter, saya ingin tau apakah adanya flek hitam dibagian punggung wanita itu tanda dari benar benar kehamilan? #terimakasih

    ReplyDelete
  4. Sudah 4 bulan saya tdk haid dan perut bagian bwah saya mengeras dan kdang berkedut, apakah saya hamil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah 4 bulan tdk haid, jk ragu hamil atau tidak, sebaiknya periksa ke DSOG.

      Salam,
      dr. Desie Dwi W.

      Delete