Tuesday, January 29, 2013

MENENTUKAN TAKSIRAN PARTUS: Kapan Seorang Ibu Akan Melahirkan

Dokter Muslimah
Seringkali jika kita melihat wanita hamil, maka yang biasanya akan ditanyakan adalah kapan perkiraan melahirkan. Istilah yang dikenal di masyarakat adalah HPL atau hari perkiraan lahir, sedangkan istilah medisnya adalah TP atau taksiran partus. Untuk menentukan TP, perlu diketahui hari pertama haid terakhir (HPHT). HPHT juga bisa digunakan untuk menentukan berapa usia kehamilan ibu. Cara lain untuk mengetahui usia kehamilan yaitu dengan menghitung tinggi fundus uteri dan bisa dengan menggunakan USG.

Mengetahui pentingnya mengingat HPHT ini, maka alangkah baiknya jika kita mulai membiasakan mencatat waktu haid kita tiap bulannya atau dengan cara melingkarinya di kalender, sehingga tidak lupa saat diperlukan. Dengan melakukan kebiasaan ini, maka akan dengan mudah diketahui siklus menstruasi dan juga bisa menghitung masa subur. Mengetahui masa subur penting untuk ibu-ibu yang ingin segera hamil atau bahkan yang ingin menunda kehamilan dengan menggunakan metode kontrasepsi alami (sistem kalender).

Untuk dapat menghitung usia kehamilan berdasar HPHT hanya dapat dilakukan oleh ibu hamil yang memiliki siklus menstruasi normal dan teratur. Untuk taksiran usia kehamilan berdasar HPHT dapat menggunakan rumus Neagele.

Untuk mengetahui TP, rumusnya adalah:
TP = (tanggal + 7), (bulan - 3), (tahun + 1)
CONTOH:
HPHT tanggal 19 November 2009, maka kapankah taksiran partusnya (TP)?
TP = tanggal (19 + 7), bulan (11 - 3), tahun (2009 + 1)
     = 26-8-2010 (26 Agustus 2010)
Sedangkan untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3, misalnya Januari, Februari, dan Maret, maka bulannya ditambah 9, tapi tahunnya tetap tidak ditambah atau dikurangi.
CONTOH:
HPHT tanggal 9 Februari 2010, maka kapankah taksiran partusnya (TP)?
TP = tanggal (9 + 7), bulan (2 + 9), tahun (2010)
               = 16-11-2010 (16 November 2010) 
Untuk TP ini sebaiknya ditambah tenggang waktu plus atau minus 7 hari.

Mudah kan??? Selamat mencoba dan smoga bermanfaat…




- dr. Desie Dwi Wisudanti -

References:
- http://desiemeilana.wordpress.com/2009/11/19/menentukan-taksiran-partus-kapan-seorang-ibu-akan-melahirkan/ 

Artikel Terkait kehamilan

No comments:

Post a Comment