Wednesday, December 7, 2011

Tips Mengatasi Insomnia

Dokter Muslimah
ahliwasir.com
Insomnia bisa muncul dalam berbagai bentuk. Mulai sulit tidur, terbangun tengah malam dan susah kembali tidur. Masalah ini menjadi bahasan bulan Februari lalu pada Harvard Mental Health Letter, sebuah penerbitan artikel kesehatan di Harvard, US yang fokus pada kesehatan mental.

Mereka membahas beberapa opsi untuk membantu orang dengan insomnia agar bisa tidur nyenyak. Menurut Dr Michael Miller, pemimpin redaksi dari Harvard Mental Health Letter, ada beberapa solusi untuk berbagai tahap insomnia, yaitu;

1. Cognitive Behavior Therapy (CBT) 
Pengobatan pilihan bagi penderita insomia kronis adalah terapi perilaku kognitif atau Cognitive Behavior Therapy (CBT). Baik American Academy of Sleep Medicine dan National Institute of Health merekomendasikan CBT mencoba sebelum mencoba obat-obatan. Karena CBT ini sama efektifnya dengan obat. CBT membantu orang mengubah pikiran negatif dan pandangan tentang tidur menjadi positif. Resep obat dapat berguna untuk beberapa orang dengan insomnia transien atau jangka pendek. Obat harus digunakan dengan dosis terendah dan untuk jangka waktu yang sesingkat mungkin. Para ahli biasanya menyarankan untuk tidak menggunakan obat karena dapat berefek samping dan sering tidak efektif dalam mengurangi masalah tidur. Selain CBT, kata Miller, ada juga metode lain. Bisa digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan CBT. 

2. Pembatasan Tidur 
Membatasi waktu di tempat tidur, bukan membatasi tidur, bisa mendorong tidur lebih nyenyak.

3. Rekondisi
Teknik ini membantu orang belajar untuk mengasosiasikan kamar tidur dengan tidur. Ia menyarankan strategi seperti ini:
  •  Aturlah ruang tidur dan suhu ruangan senyaman mungkin
  •  Ciptakan suasana yang tenang dan gelap
  •  Gunakanlah bantal atau selimut yang bersih dan segar
  •  Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur atau berhubungan intim dengan suami atau istri.
  •  Pergi ke tempat tidur hanya bila mengantuk. 
  •  Bangunlah pada waktu yang sama setiap hari dan tidak tidur siang. 
  •  Jangan meletakan televisi atau hiburan lain di kamar tidur.
  •  Hindari membaca sambil tiduran

4. Teknik Relaksasi dan Terapi Refleksi
Langkah yang tidak kalah penting adalah latihan pernapasan, relaksasi dan visualisasi bisa menenangkan pikiran dan membuat tubuh santai. Demikian juga dengan terapi refleksi yang dapat mengendorkan ketegangan syaraf akibat rutinitas dan olah raga yang teratur akan memperlancar peredaran darah, mengurangkan stress sehingga akan membuat tidur lebih nyenyak.


5. Lakukan Aktifitas Berulang Sampai Timbul Rasa Bosan
Bacalah buku atau lakukan sesuatu secara berulang-ulang aktivitas Anda yang membosankan, seperti menjahit. Cobalah untuk tidak menonton televisi atau mendengarkan radio. Gangguan seperti ini akan meminta perhatian Anda dan menyebabkan terus terjaga.

6. Minum susu hangat sebelum tidur 
Susu  mengandung tryptophan, yang dapat memicu pelepasan melatonin secara alami ke dalam sistem tubuh. Melatonin mengatur jam biologis kita, dan membantu kita tertidur dan mencapai kondisi lelap.



Referenesi:
- I HarvardHealth / Nur Rochmi
- http://www.refleksiteraphy.com/?m=artikel&page=detail&no=12

Artikel Terkait Tips sehat

No comments:

Post a Comment