Saturday, November 19, 2011

Tips Mengatasi Masalah Ketombe

sainsta8.org
Ketombe tidak hanya menimbulkan gatal di kulit kepala tapi juga bisa mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Seperti dikutip dari Hair and Skin Care, penyebab ketombe dari luar adalah karena kondisinya seperti penggunaan perawatan rambut yang kurang tepat atau kurang bersihnya keadaan kulit kepala. 

Penggunaan shampoo anti ketombe secara teratur bisa menjaga kondisi kulit kepala tetap terkontrol. Terlalu sering terkena panas atau penggunaan pengering rambut sebaiknya dihindari untuk mencegah masalah ketombe.
Selain menggunakan shampoo anti ketombe, Anda juga bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini untuk mengatasi ketombe:
  1. Rajin keramas dan sisirlah rambut setiap hari untuk memperlancar sirkulasi darah, dan pijat kulit kepala sebelum atau sesudah menyisir.
  2. Jaga kulit kepala tetap bersih. Bisa dengan memijat kulit kepala menggunakan minyak kelapa selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.
  3. Ubah pola makan. Perbanyaklah mengkonsumsi buah, biasakan mengkonsumsi buah setiap hari dan mengurangi makanan yang berminyak.
  4. Cuci rambut dengan campuran air dan satu sendok teh jus lemon + jeruk nipis setelah selesai menggunakan shampoo, untuk mencegah ketombe dan membuat rambut berkilau.
  5. Cobalah melakukan perawatan malam hari. Pijat kulit kepala dengan baby oil sebelum tidur lalu tutup dengan handuk, pagi harinya bilas dengan shampoo alami.
  6. Bisa juga dengan menggunakan campuran satu sendok makan minyak zaitun dan satu sendok teh jus lemon yang dipijatkan ke kulit kepala sebelum tidur, lalu tutup dengan handuk dan bilas keesokan harinya dengan shampo alami.
  7. Keramas dengan lidah buaya. Ambil 1 lembar lidah buaya, kemudian belah dan ambil hanya bagian gel di dalamnya. Setelah itu gosokkan pada bagian kulit kepala anda. Diamkan selama 10 menit dan bilas bila perlu menggunakan shampo untuk hasil yang maksimal.
  8. Rileks dan cobalah  tidur yang cukup.
Jika kulit kepala tetap gatal dan tidak menunjukkan perbaikan apapun setelah mencuci rambut dengan shampo dan obat ketombe selama seminggu, mungkin ada alasan lain yang mendasarinya.

Anda mungkin menderita psoriasis atau peradangan kulit. Beberapa produk perawatan rambut tertentu yang mengandung bahan kimia dapat membuat reaksi alergi atau sensitivitas yang mengering pada kulit kepala.

Diet tinggi lemak jenuh dan lemak trans dapat menyebabkan kelenjar sebaceous menghasilkan lebih banyak minyak, yang membuat ketombe lebih parah. Hindari makan makanan berlemak dan perbanyaklah konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin seng dan B yang mampu mengontrol produksi minyak. Pertimbangkan untuk mengambil makanan probiotik seperti yoghurt yang mengandung bakteri menguntungkan untuk memerangi pertumbuhan berlebih dari ragi.

Seseorang yang rentan terhadap ketombe, kemungkinan besar masalah akan terus terulang. Namun Anda masih tetap bisa mengontrol ketombe agar tidak berlebihan.

Jika telah melakukan perawatan tersebut tapi ketombe tetap muncul, maka segera konsultasikan dengan dokter kulit untuk mengetahui pasti penyebab dari ketombe dan diberikan penanganan yang tepat. Jadi dalam hal ini, boleh jadi serpihan tidak ada hubungannya dengan ketombe. 


Simak juga artikel-artikel terbaru kami tentang Herbal Medicine; Manfaat kulit rambutan sebagai antidiabetes dan Potensi curcumin sebagai antikanker

 
Referensi:

- http://wolipop.detik.com/read/2010/12/18/120808/1527782/234/7-cara-mengatasi-masalah-ketombe
- http://forum.kompas.com/kesehatan/217764-cara-menghilangkan-ketombe-secara-alami.html

Artikel Terkait Tips sehat

No comments:

Post a Comment